Peringatan Hari Pahlawan 2022: Pahlawanku Teladanku

Halo, Sobat SMP! Setiap tanggal 10 November kita selalu memperingatinya sebagai Hari Pahlawan. Peringatan Hari Pahlawan dilatarbelakangi sebuah peristiwa bersejarah yang sangat krusial dan juga tak terlupakan. Peristiwa tersebut adalah Pertempuran Surabaya yang merupakan salah satu pertempuran dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia melawan pasukan tentara Sekutu.

Pertempuran Surabaya diawali dengan mendaratnya pasukan Sekutu di Kota Pahlawan pada 25 Oktober 1945 di bawah komando Brigadir Jenderal A.W.S. Mallaby. Pasukan Sekutu memulai peperangan dengan rakyat Surabaya pada 28 Oktober 1945 di mana dalam momen tersebut menewaskan sang Jenderal.

Tewasnya Brigadir Jenderal Mallaby membuat murka pasukan sekutu sehingga mereka mengeluarkan ultimatum kepada rakyat Surabaya. Ultimatum tersebut berisi pasukan Sekutu yang memaksa rakyat Surabaya bersenjata untuk menyerahkan diri sebelum tanggal 9 November 1945 pukul 18.00. Apabila ultimatum ini tidak dipenuhi maka kota Surabaya akan dibumihanguskan pada 10 November.

Keesokan harinya tepat pada 10 November 1945 tidak ada rakyat Surabaya yang menyerahkan diri sehingga membuat pasukan Sekutu menyerang kota Surabaya habis-habisan. Tekad “Arek-arek Suroboyo” dalam mempertahankan kedaulatan NKRI semakin membara saat Bung Tomo terus membakar semangat perjuangan mereka. 

Namun, namun senjata ringan dan bambu runcing tak berdaya menghadapi meriam-meriam berat dan tank-tank Sekutu sehingga banyak korban berjatuhan dari pihak Indonesia, begitu pula dengan pihak Sekutu. Akhirnya pasukan bersenjata Indonesia terpaksa mengundurkan diri ke Mojokerto.

Perjuangan dan pengorbanan para pahlawan diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan. Setiap orang dapat berperan sesuai kemampuan, keahlian, dan keterampilan masing-masing untuk memberikan kontribusi bagi bangsa sebagai wujud pahlawan masa kini. 

Hal ini sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2022 “PAHLAWANKU TELADANKU”. Pada masa lalu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan dampak dari pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama lebih dari dua tahun. 

Melalui semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, bangsa Indonesia diharapkan dapat melaksanakan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 dengan khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta membantu sesama tanpa memandang sekat-sekat perbedaan.

Di momen Hari Pahlawan ini, marilah kita merefleksikan diri untuk mengenang jasa para pahlawan yang berani berkorban untuk kedaulatan bangsa ini sehingga kita bisa menikmat perdamaian dan kemerdekaan. Kita teladani tekad dan semangat para pahlawan dalam mempertahankan harkat serta martabat bangsa. Selamat Hari Pahlawan, Sobat SMP!

 

Baca Juga  Memahami Pemanfaatan Akun Pembelajaran

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi:

Modul PJJ IPS Kelas 9 Semester Genap terbitan Direktorat SMP tahun 2020

https://kemensos.go.id/uploads/topics/16679608135219.pdf 

Scroll to Top