10 Pesan Gizi Seimbang Untuk Generasi Sehat, Cerdas, dan Berkarakter

Sobat SMP, beberapa waktu lalu Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi meluncurkan kampanye Sekolah Sehat sebagai upaya revitalisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) untuk mewujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas, dan berkarakter. Dalam kampanye Sekolah Sehat terdapat tiga prioritas utama yang ingin dicapai di mana salah satunya adalah sehat bergizi yang menekankan edukasi mengenai gizi seimbang.

Pengetahuan mengenai gizi seimbang sangat penting dipahami oleh Sobat SMP. Untuk mewujudkan gizi seimbang, Kementerian Kesehatan mengeluarkan pedoman pola hidup sehat dengan gizi seimbang melalui “10 Pesan Gizi Seimbang”. Apakah saja itu? Yuk, kita pelajari bersama.

1. Makan makanan bergizi seimbang dan bervariasi

Konsumsi beragam makanan dengan gizi seimbang dan aman sangat penting bagi semua anggota keluarga karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta menurunkan risiko penyakit. Jangan lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah disertai dengan protein hewani dan nabati setiap kali makan. Berdasarkan fungsinya, terdapat tiga kelompok makanan yaitu kelompok makanan zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur. Jadi pastikan ketiganya ada dalam menu makanan Sobat SMP, ya.

2. Makan makanan tinggi protein

Makanan tinggi protein berfungsi sebagai zat pembangun dalam tubuh. Makanan yang tinggi protein berfungsi sebagai zat pembangun dalam tubuh. Apa saja yang termasuk makanan tinggi protein? Contohnya adalah ikan, tempe, tahu, ayam, daging, telur, dan kacang-kacangan. Makanan tinggi protein dapat membantu pertumbuhan otot, tulang, gigi, kulit, dan mengganti sel tubuh yang mati. 

3. Minum air putih yang bersih dan matang dengan jumlah yang cukup

Tubuh membutuhkan cairan. Oleh karena itu penting untuk mengonsumsi banyak air putih. Sobat SMP disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 6-8 gelas setiap hari. Dengan mengonsumsi air putih sebanyak 6-8 gelar per hari akan ada banyak manfaat yang Sobat SMP rasakan yaitu kelembaban kulit dan tubuh terjaga, racun dalam tubuh dapat keluar, kesehatan jantung juga menjadi lebih terjaga, serta meningkatkan konsentrasi dan metabolisme tubuh. Jadi jangan remehkan peran air putih bagi tubuh, ya.

4. Batasi konsumsi gula, garam, dan lemak

Gula, garam, dan lemak merupakan zat yang diperlukan tubuh. Namun Sobat SMP perlu memperhatikan konsumsi gula, garam, dan lemak sehari-hari agar tidak menimbulkan penyakit. Jumlah maksimum konsumsi garam adalah sebanyak 1 sendok teh (5gr) per hari. Jumlah maksimum konsumsi gula adalah sebanyak 4 sendok makan (50gr) per hari. Sedangkan maksimum konsumsi gula adalah 5 sendok makan (67gr) per hari.

5. Cuci tangan pakai sabun dengan mengalir selama 60 detik

Baca Juga  6 Kegiatan Positif Agar Ramadhan Tetap Produktif

Tangan merupakan anggota tubuh yang sangat berpotensi terpapar kuman/bakteri karena digunakan dalam segala aktivitas. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan pakai sabun selama 60 detik.

6. Banyak makan sayur dan buah

Sayur dan buah adalah sumber vitamin dan mineral terbaik. Selain itu, sayur dan buah juga merupakan sumber utama serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Bukan hanya itu, kandungan vitamin dan mineral dalam sayur dan buah itu juga berperan sebagai antioksidan yang bisa menangkal senyawa jahat dalam tubuh dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita serta menghindarkan kita dari berbagai penyakit.

7. Rutin beraktivitas fisik dan menjaga berat badan

Beraktivitas fisik secara rutin dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan sistem metabolisme. Selain itu, aktivitas fisik secara teratur juga membantu melancarkan sirkulasi darah yang bisa menurunkan kadar stres tubuh kita sehingga kita menjadi lebih segar dan ceria. Lakukan aktivitas fisik sekitar 30-60 menit setiap hari. Contoh aktivitas fisik ringan yang bisa dicoba antara lain dengan membersihkan rumah, jalan kaki, bersepeda, dan berkebun.

8. Biasakan sarapan setiap hari

Perlu Sobat SMP ketahui bahwa kebutuhan energi anak berusia 7-12 tahun adalah 1.600 – 2.000 kkal/hari. Untuk itu, penting agar Sobat SMP mengawali hari dengan sarapan yang bergizi. Anjuran sarapan adalah 15%-30% dari AKG per hari agar Sobat SMP dapat beraktivitas dengan maksimal. Jadi, jangan sampai melewatkan sarapan bergizi, ya.

9. Selalu baca label makanan

Saat membeli makanan pastikan Sobat SMP membaca label yang tertera pada kemasan makanan. Beberapa informasi yang perlu diperhatikan pada label makanan adalah nama atau merek produk, informasi gizi, tanggal kadaluarsa, kandungan bahan, dan sertifikat halal.

10. Menikmati dan bersyukur atas makanan yang kita makan

Apapun menu makanan yang Sobat SMP santap jangan lupa berdoa sebelum makan dan mensyukuri apa yang tersaji, ya. Semoga makanan yang dikonsumsi dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi tubuh.

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi;

E-book Panduan Gizi Seimbang https://drive.google.com/file/d/1olr75HGgG4DphX4FGpzveDVwIDtS-orF/view

https://drive.google.com/file/d/1QF2LDBY17ulGId9aokoDqTqEr0WIIixM/view

Scroll to Top