Museum Batik Indonesia: Destinasi Wisata Edukasi Baru Pencinta Batik

Sobat SMP, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi baru saja melakukan peluncuran awal Museum Batik Indonesia pada (12/11) lalu. Jadi pada kesempatan kali ini, Direktorat SMP ingin mengajak Sobat SMP mengenal lebih jauh Museum Batik Indonesia. 

Museum Batik Indonesia merupakan museum khusus yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Museum ini didirikan sebagai wujud tindak lanjut atas penetapan Batik Indonesia sebagai Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009. 

Museum Batik Indonesia mulai dibangun pada tahun 2014 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan selesai dibangun pada tahun 2018. Saat ini pengelolaannya berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Secara arsitektural, bentuk denah bangunan Museum Batik Indonesia menyerupai lipatan kain. Pada bagian depan bangunan museum dihias dengan beberapa motif batik, salah satunya adalah motif Kawung.

Ruang pameran tetap Museum Batik Indonesia terbagi menjadi tujuh, yaitu Ruang Sejarah Batik Nusantara, Ruang Khazanah Batik Nusantara, Ruang Teknik Pembuatan Batik, Ruang Penggunaan Batik secara Tradisional, Ruang Perkembangan Batik, Galeri Kemasyuran dan Ruang Kesimpulan. 

Beberapa koleksi batik yang dipamerkan di Museum Batik Indonesia antara lain Batik Pagi-Sore Buketan, Batik Merak Ngibing, Batik Lawasan: Abdurahman Cap Cent Kuda, Batik Lawasan Sumatera: Kudung Ceplok, Batik Lawasan: Motif Ceplok Patola Putri Palembang, Batik Lawasan: Pagi Sore Hokokai Djawa Baroe, dan masih banyak lagi.

Bagi Sobat SMP yang ingin berkunjung dan melihat langsung berbagai koleksi batik di tanah air bisa berkunjung ke Museum Batik Indonesia dengan melakukan reservasi terlebih dahulu pada tautan berikut. Pastikan tetap menjaga protokol kesehatan selama berkunjung, ya. 

 

Baca Juga  Perbedaan Mendasar Antara Penilaian Formatif dan Sumatif

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top