Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022

Halo, Sobat SMP! Tak ayal, bulan Mei adalah bulan yang spesial bagi dunia pendidikan di Tanah Air. Mengapa bisa disebut demikian? Hal ini disebabkan karena setiap tanggal 2 Mei kita selalu memperingati Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas.

Ditetapkannya tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959 merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di negeri ini. Penetapan Hari Pendidikan Nasional dilatarbelakangi oleh sosok yang memiliki jasa luar biasa di dunia pendidikan kita, Ki Hajar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan pada setiap tanggal 2 Mei tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hajar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme bagi seluruh insan pendidikan. 

Ada berbagai cara yang biasa dilakukan untuk menyemarakkan momen Hari Pendidikan Nasional. Salah satunya adalah dengan melaksanakan upacara bendera. Hal ini dimaksudkan agar semua insan pendidikan mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam menegakkan pondasi pendidikan di Indonesia.

Namun, mengingat Hari Pendidikan Nasional 2022 yang jatuh bersamaan dengan Hari Raya Idulfitri 1443 H, maka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 pada tanggal 13 Mei 2022 pukul 08.00 WIB secara tatap muka, terbatas, minimalis, dan menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara.

Untuk Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 ini, tema yang diusung adalah “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”. Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia lebih dari dua tahun ini membawa dampak yang cukup signifikan terhadap dunia pendidikan, khususnya di Indonesia. Maka dari itu pada momen Hari Pendidikan Nasional ini mari kita merefleksikan diri untuk bisa bangkit dari keterpurukan dan bergerak bersama untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia.

Kemendikbudristek juga mengimbau kepada instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta Kantor Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri agar turut memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 melalui berbagai media publikasi cetak, elektronik, serta media sosial dengan menggunakan logo dan tema Hardiknas 2022. 

Pedoman selengkapnya dapat sobat SMP unduh di situs resmi Kemendikbudristek atau dengan mengklik tautan di bawah ini. Mari pimpin pemulihan, mari bergerak untuk mewujudkan Merdeka Belajar!

Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 

Baca Juga  Penanganan Temuan Kasus Positif Covid-19 di Satuan Pendidikan

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi:

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/04/pedoman-peringatan-hari-pendidikan-nasional-tahun-2022 

Scroll to Top