Ajang OSN Kembali Digelar, Yuk Simak Panduan Kegiatannya

Sobat SMP, tahukah bahwa Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahun ini kembali menggelar kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMP? Tahun ini OSN akan  diselenggarakan pada 10 – 16 Juli 2022 secara daring dengan mengusung tema “Talenta Sains Untuk Indonesia Maju”. 

Pelaksanaan OSN jenjang SMP tahun 2022 bertujuan sebagai wahana olimpiade bidang ilmu sains sekaligus untuk dapat menghasilkan siswa-siswi berprestasi di bidang yang mampu berdaya saing nasional maupun global. Bidang yang dilombakan dalam OSN antara lain matematika, IPA, dan IPS. 

Bagi satuan pendidikan yang ingin mengikutsertakan peserta didik mewakili sekolah di ajang ini dapat mendaftarkan diri melalui situs https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/. Pendaftaran dibuka sejak 20 April – 20 Mei 2022. Peserta hanya diperkenankan mengikuti satu cabang lomba sehingga tiap sekolah mengirim maksimal tiga orang peserta. 

Lalu bagaimana langkah-langkah mendaftar sebagai peserta OSN Tahun 2022? Yuk, simak langkah-langkah berikut ini: 

  1. Buka laman https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/, pilih jenjang SMP, kemudian pilih Olimpiade Sains Nasional. 
  2. Sekolah dapat login menggunakan akun SSO Dapodik atau login menggunakan email yang didaftarkan pada saat pra registrasi.
  3. Sebelum mendaftarkan peserta, daftarkan pelatih/pembina terlebih dahulu, lalu akan muncul opsi “tambah peserta” untuk tambah peserta. Masukkan NISN peserta dan cari. Setelah itu isi dan lengkapi form peserta dan unggah dokumen kelengkapan
  4. Jika nama peserta telah berhasil terdaftar, akan muncul nama peserta dan ZIP terunduh berisikan password untuk peserta. 
  5. Selanjutnya peserta dapat login menggunakan NISN dan password yang sudah diterima. Password bawaan diharapkan segera diganti oleh masing-masing peserta agar lebih mudah diingat.

Untuk informasi selengkapnya, Sobat SMP dapat mengunduh panduan teknis OSN jenjang SMP, format dokumen-dokumen pendukung, dan panduan lainnya pada laman berikut. Yuk, segera daftarkan diri dan sekolahmu. Jangan sampai terlewat, ya.

 

Baca Juga  Kemendikbud Terbitkan Kebijakan BOS Reguler dan Dana Alokasi Khusus Fisik tahun 2021

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top