Bangkitkan Semangat Generasi Muda, Direktorat SMP Gelar Webinar Hari Sumpah Pemuda

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-94, Direktorat Sekolah Menengah Pertama menyelenggarakan Webinar Tangguh, Unggul, dan Berkarakter Pancasila pada Kamis (28/10). Webinar ini disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube milik Direktorat SMP. Plt. Direktur Sekolah Menengah Pertama, I Nyoman Rudi Kurniawan hadir secara virtual membuka acara.

“Sebagai pemuda-pemudi generasi penerus bangsa, Sobat SMP yang sekarang masih duduk di bangku SMP perlu memaknai sumpah pemuda dengan nilai-nilai positif pada setiap perilaku sehari-hari. Sobat SMP harus berpikir kreatif dengan memanfaatkan teknologi modern namun tetap mempertahankan jati diri bangsa Indonesia dan budi pekerti yang baik sehingga siap berkompetisi secara global dengan bangsa lain,” tutur Nyoman.

Tidak hanya berpesan untuk memaknai momentum sumpah pemuda secara positif, Nyoman juga mendorong generasi muda untuk menerapkan nilai-nilai sesuai Profil Pelajar Pancasila. Nyoman memberikan contoh perilaku yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Contoh perilaku yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila antara lain dengan beribadah sesuai dengan kewajiban agama yang dianut, menghargai agama lain, mencintai dan menjaga lingkungan sekitar, menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, mengenalkan budaya Indonesia kepada orang asing, dan mengolah informasi menjadi ide dan gagasan kreatif,” ucap Nyoman.

Selepas mendengarkan pesan dan arahan dari Plt. Direktur Sekolah Menengah Pertama, para peserta webinar menyimak materi yang dibawakan oleh Fatkhul Manan selaku Ketua Dewan Kerja Nasional Pramuka. Manan memberikan tip kepada peserta agar menjadi generasi unggul dan berprestasi. 

“Yang pertama adalah menjaga adab. Yang kedua adalah rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan. Yang ketiga adalah harus memiliki keinginan berprestasi yang kuat. Keempat adalah disiplin, baik disiplin waktu maupun disiplin diri. Yang kelima adalah wajib belajar yang giat. Berikutnya adalah aktif secara akademik maupun non akademik, keduanya akan saling mendukung. Lalu berikutnya adalah kolaborasi atau mampu bekerja sama. Terakhir adalah menguasai teknologi, karena saat ini kita dituntut cakap digital agar bisa mengikuti perkembangan zaman,” jelas Manan.

Muhammad Akio Zaiko, Juara I Karate U21 Karate Championship 2021 turut hadir berbagi cerita mengenai sepak terjangnya di bidang karate. Akio berpesan kepada peserta webinar untuk tidak takut mengeksplorasi banyak hal dalam upaya menemukan minat dan bakat diri. 

“Kita harus mencoba saja dulu. Terkadang dalam suatu bidang kita merasa tidak punya passion di bidang itu. Tetapi ketika kita menaruh usaha keras, ternyata ada orang lain yang bisa melihat potensi besar dalam diri kita lebih dari yang kita bisa lihat,”  tutur Akio.

Ketua OSIS SMPN 115 Jakarta, Andi Salman Najafy pada kesempatan tersebut ikut berbagi cerita mengenai minatnya di bidang programming hingga kini berhasil membuat beberapa platform digital. Salman membeberkan motivasinya  mempelajari programming. 

“Saya mulai mempelajari coding saat awal pandemi COVID-19 tahun 2020. Awalnya saya menoonton video-video mengenai coding. Setelah itu saya menjadi semakin tertarik dan sangat antusias untuk mempelajarinya. Saat itu saya berpikir kemampuan coding/programming adalah kemampuan yang penting dimiliki di masa depan. Jadi dengan tekad yang kuat saya makin semangat mendalaminya hingga akhirnya saya berhasil membuat portofolio digital,” tutur Salman.

Lewat kegiatan ini, diharapkan generasi muda khususnya peserta didik jenjang SMP dapat terinspirasi dan termotivasi untuk terus mengembangkan diri untuk menjadi pribadi tangguh, unggul, dan berkarakter.

 

Baca Juga  Komunitas Belajar untuk Mendukung Kurikulum Merdeka

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top