Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Perawatan Fisik Chromebook

Halo, Sobat SMP! Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan berbagai bantuan peralatan TIK ke berbagai satuan pendidikan di Indonesia pada tahun 2022 ini. Salah satu bantuan yang diberikan adalah laptop Chromebook.

Untuk memastikan Chromebook dapat berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama, maka harus dipersiapkan dengan baik perawatannya. Perawatan Chromebook secara umum dapat dikategorikan ke dalam 2 bagian yaitu perawatan hardware dan perawatan software. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perawatan hardware Chromebook. Apa saja kira-kira yang harus diperhatikan dalam merawat Chromebook?

  • Membersihkan debu pada bagian-bagian luar Chromebook secara rutin dan teratur

Langkah pertama adalah kita harus sering menjaga kebersihan Chromebook dari debu. Jika disimpan di tempat terbuka, barang akan sangat mudah terkena debu. Oleh karena itu, Sobat SMP wajib untuk membersihkan bagian-bagian luar Chromebook secara rutin dan teratur agar terhindar dari debu.

Untuk membersihkannya Sobat SMP dapat menyiapkan beberapa alat seperti kuas, blower karet, ataupun penyedot debu mini. Membersihkan debu pada Chromebook bisa dimulai dari punggung laptop dan juga bagian bawahnya. Jangan lupa juga untuk membersihkan debu yang ada pada engsel-engsel.

  • Melakukan perawatan pada sela-sela tombol keyboard

Salah satu tempat yang cukup sulit untuk dibersihkan adalah sela-sela keyboard (papan ketik). Secara kasat mata memang keyboard terlihat bersih, namun apabila melihat lebih teliti di sela-sela tuts terdapat berbagai debu dan kotoran yang bisa menurunkan kualitas keyboard.

Kalian dapat membersihkan sela-sela tombol keyboard dengan menggunakan blower karet. Blower karet akan meniup debu-debu yang tersangkut dalam sela-sela tombol. 

  • Bersihkan layar dengan kain kering atau tisu secara rutin
Baca Juga  Asesmen Kompetensi Minimum Sebagai Bagian dari Asesmen Nasional 2021

Untuk layar monitor Chromebook, berhati-hatilah ketika membersihkannya. Pastikan membersihkan layar dengan menggunakan kain kering yang halus dan bersih untuk menghindari lecet. Jika tidak ada, maka dapat menggunakan tisu kering.

  • Hindari meletakkan benda-benda yang mengandung cairan dekat dengan Chromebook

Hal yang harus dihindari untuk menjaga Chromebook tetap awet adalah dengan menghindari meletakkan benda-benda yang mengandung cairan dekat dengan Chromebook. Jika Chromebook terkena benda cair maka dikhawatirkan dapat merusak komponen-komponen yang ada pada Chromebook tersebut. Maka dari itu, lebih baik hindari hal ini ya.

  • Jauhkan Chromebook dari peralatan yang memancarkan arus magnetik

Perangkat elektronik sangat rawan terhadap arus magnet. Mendekatkan perangkat elektronik ke sumber magnet bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat. Oleh karena itu, hindarilah Chromebook dari peralatan yang memancarkan arus magnetik.

  • Jangan terlalu keras menekan tombol/tuts keyboard maupun touchpad

Hal terakhir yang harus diperhatikan dalam perawatan Chromebook adalah menghindari menekan tombol keyboard maupun touchpad terlalu keras. Jika memencet tombol-tombol yang ada pada keyboard dan juga touchpad terlalu keras dikhawatirkan dapat merusaknya sehingga tombol menjadi mati.

Nah, Sobat SMP, itu dia hal-hal yang harus diperhatikan ketika merawat Chromebook secara fisik. Bantuan Chromebook yang diberikan harus dirawat dan dijaga sebaik mungkin agar dapat dimanfaatkan dengan baik dan maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sobat SMP!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Bimtek Bantuan Peralatan TIK Jenjang SMP Tahun 2022

Scroll to Top