Semarak Perayaan Kemerdekaan di Rumah Digital Indonesia

Perayaan HUT RI Ke-76 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus tahun ini, rasanya akan berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Situasi pandemi COVID-19 yang masih merebak di seluruh Indonesia membuat masyarakat harus membatasi mobilitas dan aktivitas tatap muka. Meski demikian, pemerintah tidak ingin gegap gempita masyarakat dalam merayakan hari kemerdekaan surut begitu saja. 

Oleh karena itu, pemerintah menyiapkan festival kemerdekaan virtual pertama dan terbesar melalui website Rumah Digital Indonesia (RDI) agar masyarakat bisa merayakan kemerdekaan dengan pengalaman yang berbeda. Rumah Digital Indonesia telah dapat diakses sejak tanggal 1 – 17 Agustus mendatang. Terdapat sejumlah konten hiburan edukatif dan aktivitas seru yang bisa Sobat SMP saksikan di Rumah Digital Indonesia, yaitu:

1. Ruang Seni & Budaya 

Sobat SMP bisa menonton berbagai konten kesenian yang kental dengan nuansa budaya Indonesia seperti tarian nasional dan daerah, pembacaan puisi dan syair, pertunjukan teater/drama/monolog, film pendek, serta penampilan musik lagu nasional atau daerah dengan aransemen kreatif.

2. Ruang Komunitas 

Dalam ruang komunitas, Sobat SMP dapat menikmati berbagai aktivitas unik perayaan kemerdekaan oleh masyarakat, komunitas, dan diaspora Indonesia. Perayaan kemerdekaan dapat berupa upacara, dekorasi, perlombaan, pengibaran bendera atau konten-konten menarik dan unik yang dikirim oleh berbagai lapisan masyarakat dan komunitas. Akan tersedia juga ruang untuk Sobat SMP mendengarkan cerita dari pelosok negeri melalui Cerita Indonesia dan fitur untuk berfoto bersama Presiden Joko Widodo. 

3. Ruang Literasi Digital

Ruang Literasi Digital menghadirkan berbagai konten edukasi mengenai pemanfaatan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif sehingga bisa menciptakan ruang digital yang seru, namun tetap aman, beretika, dan produktif di tengah tantangan ruang digital tanah air di saat ini yang semakin besar. 

4. Pasar Lokal

Baca Juga  Mengenang Para Pahlawan Revolusi yang Gugur dalam Peristiwa Pemberontakan G30S

Bukan hanya menyaksikan berbagai konten hiburan saja, Sobat SMP bersama dengan orang tua juga dapat melihat dan membeli produk UMKM unggulan dari 34 provinsi yang terhubung dengan 4 pasar digital di Indonesia. 

5. Petualangan Nusantara & Wajah Indonesia

Melalui menu Petualangan Nusantara Sobat SMP dapat melihat sebuah peta interaktif yang menyediakan berbagai informasi lengkap suatu wilayah seperti destinasi wisata unggulan, kuliner khas daerah, dan pahlawan lokal di daerah tersebut. Informasi yang disajikan cukup lengkap mencakup seluruh wilayah di Indonesia.

6. Arena Lomba 17-an

Bila pada tahun-tahun sebelumnya Sobat SMP selalu mengikuti perlombaan di hari kemerdekaan, maka kini saatnya mencoba mengikuti perlombaan secara virtual! Dalam arena perlombaan, masyarakat bisa mengikuti perlombaan khas 17-an seperti lomba makan kerupuk, panjat pinang, tarik tambang, dan juga balap karung. Hasil lomba juga akan muncul dalam peringkat dimana skor Sobat SMP akan bersaing dengan para peserta lain.

7. Panggung Nasional

Panggung nasional adalah panggung utama di Rumah Digital Indonesia yang menampilkan konten – konten utama pada tanggal 1 dan 17 Agustus 2021 dan juga berbagai agenda kenegaraan dalam rangka perayaan kemerdekaan Indonesia ke-76. Sobat SMP dapat menyaksikan Bincang Bangsa serta Konser Kolaborasi Nusantara bersama Sandiaga Uno, Putri Tanjung, Nadin Amizah, Teddy Adhitya, SIVIA, Yura Yunita, dan sosok inspiratif lainnya di Panggung Nasional. Sangat menarik, kan? Sobat SMP juga dapat mengirimkan karya seni nuansa nasional, tarian daerah, konten TikTok, sampai video perayaan unik kemerdekaan ala Sobat SMP hingga 20 Agustus 2021. Karya terpilih berkesempatan untuk ditampilkan di website RDI. Jangan lupa kunjungi https://www.rumahdigitalindonesia.id/ ya!

Scroll to Top