Menyimak Perjalanan Sejarah Kemerdekaan Indonesia Secara Virtual

Bulan agustus merupakan bulan yang memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia. Pasalnya, di bulan ini lah Indonesia berhasil mendeklarasikan kemerdekaannya sebagai negara yang bebas dari penjajahan. Untuk memperkaya wawasan Sobat SMP sekaligus mengenal perjuangan menuju kemerdekaan Indonesia, kali ini Direktorat SMP mengajak Sobat SMP mengulik 4 museum yang mengangkat sejarah kemerdekaan Indonesia. Museum apa sajakah itu? Yuk, simak daftar berikut.

1. Museum Kebangkitan Nasional 

Berlokasi di Jl. Dr. Abdul Rahman Saleh No.26, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, museum ini menyimpan berbagai koleksi yang menggambarkan perjuangan para pemuda Indonesia melalui organisasi Boedi Oetomo. Museum Kebangkitan Nasional menempati sebuah komplek bangunan bersejarah yang dibangun pada tahun 1899 di atas tanah seluas 15.742 m2. Bangunan tersebut pada awalnya diperuntukkan sebagai gedung sekolah dan asrama School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) atau Sekolah Dokter Bumiputera. Di museum ini, Sobat SMP dapat melihat diorama peristiwa pembentukan organisasi Boedi Oetomo, kisah perjuangan pedagang rempah Indonesia untuk bebas dari praktik penjajahan Belanda yang merugikan, patung tokoh-tokoh kebangkitan nasional, sejarah kebangkitan pemikiran, sejarah kebangkitan budaya, serta sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia. Bagi Sobat SMP yang ingin melihat berbagai koleksi yang ada di museum ini, dapat melakukan virtual tur melalui tautan http://virtualtour.muskitnas.net/.

2. Monumen Nasional

Monumen Nasional atau yang dikenal dengan Monas merupakan landmark Ibukota Jakarta yang dibuka secara umum untuk masyarakat pada 12 Juli 1975. Selain bisa melihat keindahan kota Jakarta dari atas tugu monas, ada banyak peristiwa sejarah kemerdekaan yang bisa Sobat SMP pelajari di dalam monumen nasional. Terdapat atribut-atribut  Kemerdekaan berupa teks proklamasi, duplikat bendera pusaka, dan garuda pancasila. Selain itu, terdapat 51 diorama yang menggambarkan perjalanan sejarah Indonesia dari masa ke masa, termasuk diorama yang menggambarkan situasi dalam rapat-rapat penting yang dipimpin oleh Presiden Soekarno. Sobat SMP dapat melihat koleksi-koleksi tersebut secara virtual melalui tautan https://artsandculture.google.com/partner/monumen-nasional%E2%80%8E.

3. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Baca Juga  5 Langkah Mudah Mendaftar Lomba “Rayakan Merdekamu”

Peristiwa perumusan naskah proklamasi tentu saja menjadi peristiwa penting dalam tahap persiapan deklarasi kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Oleh sebab itu, gedung yang sudah berdiri sejak tahun 1920-an ini kemudian diresmikan sebagai museum perumusan naskah proklamasi. Museum perumusan naskah proklamasi beralamat di Jl. Imam Bonjol No.1, Menteng, Jakarta Pusat.   Koleksi yang bisa Sobat SMP lihat di museum ini antara lain naskah proklamasi asli yang ditulis tangan, teks proklamasi asli yang sudah diketik, mesin ketik naskah proklamasi, dan berbagai ruangan yang digunakan dalam rangka penyusunan naskah proklamasi. Sobat SMP dapat mengikuti virtual tur museum perumusan naskah proklamasi pada tautan http://munasprok.go.id/Web/tour.

4. Tugu Proklamasi

Tugu proklamasi merupakan lokasi bersejarah dimana Presiden Soekarno membacakan naskah proklamasi didampingi oleh Hatta. Tugu Proklamasi dibangun di tanah kompleks Taman Proklamasi di Jl. Proklamasi, Jakarta Pusat, dahulunya adalah Jl. Pegangsaan Timur No. 56, rumah tinggal Bung Karno. Tugu ini diresmikan pada tanggal 17 Agustus 1972, oleh Menteri Penerangan saat itu, Budiardjo. Di lokasi ini terdapat pula dua objek penting lainnya,yaitu  Tugu Peringatan Satu Tahun Proklamasi yang dibuat tahun 1946 dan Monumen Proklamator Soekarno-Hatta yang dibuat dengan tinggi 4,3 meter dengan bahan dari perunggu. Bagi Sobat SMP yang belum pernah datang langsung ke tempat ini, bisa mengakses virtual tur pada tautan https://indonesiavirtualtour.id/dki-jakarta/Tugu-Proklamasi.

Itulah keempat museum yang memiliki koleksi terkait sejarah kemerdekaan Indonesia. Di masa pandemi ini, Sobat SMP dapat tetap menggali sejarah kemerdekaan Indonesia di museum-museum tersebut secara virtual melalui tautan yang diberikan pada masing-masing poin penjelasan. Selamat mencoba, Sobat SMP!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: 

https://www.mitramuseumjakarta.org/history/monas

http://jakarta-tourism.go.id/visit/blog/2018/03/monumen-proklamasi-tugu-proklamasi

http://munasprok.go.id/Web/tour

https://muskitnas.net/

Scroll to Top