Sambut Baik Implementasi Kurikulum Merdeka, Pemda DKI Jakarta Nyatakan Dukungan

Direktorat Sekolah Menengah Pertama (Direktorat SMP) dan Badan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi DKI Jakarta telah melakukan kunjungan kerja ke sekolah beberapa waktu lalu. Dalam kunjungan kerja tersebut, rombongan kunjungan kerja sekaligus melakukan audiensi dengan pemerintah daerah di wilayah DKI Jakarta untuk memperkuat sinergi dan dukungan dari pemerintah daerah. 

Pemerintah daerah dalam hal ini Wali Kota Jakarta Selatan, Wali Kota Jakarta Timur, dan Kasudindik Jakarta Selatan II menyambut baik serta memberi dukungan penuh implementasi Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan. 

Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin menyatakan dukungannya terhadap Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan di Jakarta Selatan. “Kami sangat mendukung Kurikulum Merdeka di mana sekolah dapat menerapkannya secara mandiri sesuai kekuatan masing-masing sekolah. Semoga dengan Kurikulum Merdeka, kemerdekaan belajar dapat terwujud dan anak-anak bahagia belajar di sekolah,” tuturnya. 

Senada dengan Wali Kota Jakarta Selatan, Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar juga turut memberikan dukungan pada program implementasi Kurikulum Merdeka pada satuan pendidikan di wilayahnya.  Menurutnya dukungan tersebut telah dibuktikan dengan adanya sekolah-sekolah penggerak yang menerapkan Kurikulum Merdeka terlebih dahulu.

“Jakarta Timur telah melaksanakan implementasi Kurikulum Merdeka sejak tahun 2020. Hal ini dibuktikan dengan adanya sekolah penggerak angkatan I dan II  di wilayah Jakarta Timur yang menggunakan Kurikulum Merdeka. Saya selaku Wali Kota Jakarta Timur beserta jajaran mendukung program implementasi Kurikulum Merdeka untuk membentuk anak yang lebih kreatif dan berkarakter,” ujar Anwar.

Kasudindik Jakarta Selatan II, Sonny Juhersoni mengatakan bahwa jajarannya siap mendorong implementasi Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan melalui penguatan. “Kurikulum Merdeka ini menurut saya merupakan kurikulum yang luar biasa dari aspek keterlibatan banyak pihak. Semua sibuk, semua ikut terlibat, semua ikut memberikan dukungan, termasuk kepala daerah. Kepala daerah memberikan apresiasi dan antusiasme yang luar biasa. Dalam prosesnya mungkin kami mengalami beberapa kendala, tapi atas tanggung jawab dan semangat kolaborasi ini menjadi sesuatu yang ringan. Insya Allah kami siap memberikan penguatan kepada sekolah-sekolah,” tutur Sony. 

Dengan adanya dukungan dari pemerintah daerah, diharapkan Kurikulum Merdeka dapat diimplementasikan secara mandiri oleh lebih banyak satuan pendidikan di Indonesia khususnya di DKI Jakarta. Oleh sebab itu, penggunaan platform Merdeka Mengajar oleh para guru sangat dianjurkan sebagai media pendukung. Sekolah juga dapat mempelajari Kurikulum Merdeka bersama Komunitas Belajar yang ada di wilayah masing-masing.

 

Baca Juga  Peran Penting Ekosistem Sekolah dalam Mencegah Perundungan

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top