Menengok Pahlawan Masa Lampau dan Masa Kini

Halo Sobat SMP! Setiap tanggal 10 November, kita selalu memperingati Hari Pahlawan. Peringatan ini dilatarbelakangi oleh peristiwa Pertempuran Surabaya yang menjadi saksi perjuangan rakyat Kota Surabaya bersatu melawan tentara Inggris. Dalam peristiwa itu, banyak pahlawan kita yang berguguran demi berjuang mempertahankan kedaulatan NKRI.

Di masa lampau, pahlawan lebih berkonotasi sebagai sosok yang berjuang di medan peperangan dan bertempur menggunakan senjata fisik maupun pemikiran-pemikiran kritis untuk lepas dari belenggu kolonialisme. Memang pada kala itu kondisi sosial-politik Indonesia masih belum stabil karena masih dalam bayang-bayang penjajahan.

Perjuangan para pahlawan di masa lampau tidaklah main-main. Keringat bercucuran, darah menetes,  dan air mata mengalir. Mereka bertaruh nyawa dan kehormatan demi menjaga dan mempertahankan Tanah Air tercinta. 

Tak terhitung sudah jumlah pahlawan di masa lampau mulai dari zaman penjajahan hingga pascakemerdekaan. Sebut saja Pangeran Diponegoro, R. A. Kartini, Pattimura, Ki Hajar Dewantara, Bung Tomo, Jenderal Sudirman, Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan masih banyak lagi mereka yang berjuang untuk bangsa ini.

Zaman telah bergeser, akan tetapi pahlawan masih tetap ada hingga saat ini. Ada banyak sekali pahlawan-pahlawan, namun mungkin Sobat SMP tidak menyadari peran mereka. Di masa kini, pahlawan tidaklah lagi memegang senjata. Mereka juga tidak lagi berperang melawan penjajah. Kira-kira siapakah mereka para pahlawan di masa kini?

  • Guru
Sumber: YouTube Kemendikbudristek

Pahlawan tanpa tanda jasa. Itulah titel yang disematkan kepada para pahlawan pendidikan kita saat ini, yakni guru. Guru merupakan sosok pahlawan yang bersenjatakan ilmu dan pengetahuan untuk menyelamatkan kita dari ketidaktahuan.

Menurut data yang diunggah oleh Badan Pusat Statistik, jumlah guru di seluruh Indonesia tahun ajaran 2020/2021 mencapai 338.700 orang. Angka tersebut tentu bukanlah jumlah yang sedikit. Profesi guru kini semakin diminati kalangan muda. Adakah Sobat SMP di sini yang tertarik menjadi pahlawan pendidikan?

  • Tenaga kesehatan
Baca Juga  Panduan Tata Ruang Sekolah dalam Penyelenggaraan PTM Terbatas
Sumber: YouTube RSDC Wisma Atlet Kemayoran

Pahlawan tidak selalu mengenakan jubah. Selain guru, pahlawan di masa kini adalah para tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, apoteker, dan sebagainya. Sama seperti pahlawan di masa lampau, pengabdian mereka pun bertaruh nyawa. Tak jarang tenaga kesehatan gugur di “medan peperangan” akibat terpapar virus dan penyakit. 

Peran dan jasa  para tenaga kesehatan sudah tak dapat dimungkiri lagi. Terlebih lagi di masa-masa sulit seperti ini, tenaga kesehatan menjadi garda terdepan untuk melawan pandemi Covid-19 yang menghantui masyarakat. 

  • TNI & Polri
Sumber: https://tni-au.mil.id/

Sama seperti pahlawan di masa lampau, profesi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan juga Polisi mengangkat senjata untuk menjaga keamanan dan stabilitas Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai permasalahan yang mengancam. 

Ancaman bagi negara tidak selalu berbentuk serangan fisik, namun terdapat juga ancaman ideologi. Ancaman juga tidak selalu berasal dari luar negara, ada pula yang berasal dari dalam tubuh kita sendiri. Mereka siap mengorbankan jiwa dan raga untuk melindungi seluruh rakyat Indonesia.

Sobat SMP, di Hari Pahlawan Tahun 2021 ini tema yang diusung adalah “Pahlawanku Inspirasiku”. Mari jadikan pahlawan-pahlawan tersebut sebagai inspirasi kita dalam mengamalkan nilai-nilai luhur yang sarat akan persatuan, perjuangan, dan juga pengorbanan.

Saat ini, semua orang bisa menjadi pahlawan. Jadilah pahlawan di setiap langkahmu, jadilah pahlawan di dalam kehidupan sehari-hari, dan jadilah pahlawan masa kini yang memiliki kepedulian terhadap sesama. Selamat Hari Pahlawan, Sobat SMP. Perkuat persatuan bangsa, bangun keharmonisan antarsesama!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top