Kiat Mendidik Anak di Era Digital

Perkembangan zaman terus membawa teknologi bergerak ke arah yang semakin maju. Saat ini kita telah memasuki era digital di mana semua hal telah terdigitalisasikan. Hadirnya teknologi digital memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Contohnya seperti memudahkan berkomunikasi, memudahkan persebaran informasi, memudahkan proses pembelajaran, hingga menstimulasi otak untuk menumbuhkan kekreativitasan.

Jika tidak dikontrol, teknologi justru bisa membawa dampak negatif bagi anak-anak. Sebut saja kecanduan teknologi yang mengakibatkan kelelahan fisik, gangguan sosial yang membuat anak menjadi kesulitan bergaul di dunia nyata, hingga menyebabkan anak kesulitan untuk berkonsentrasi.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua untuk memberi arahan dan edukasi terhadap anak dalam pemanfaatan teknologi di era digital. Lantas, apa yang harus dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak di era digital? Yuk simak tips di bawah ini:

Mengarahkan Penggunaan Perangkat dan Media Digital dengan Tepat

Terkadang anak-anak menggunakan teknologi media digital tanpa pengawasan. Jika tidak dipantau, dikhawatirkan mereka bisa mengakses konten-konten negatif ataupun konten yang belum sesuai dengan usia sang anak. Orang tua harus memantau dan juga mengarahkan anak-anak dalam hal penggunaan perangkat dan media digital.

Mengimbangi Waktu Penggunaan Media Digital dengan Interaksi di Dunia Nyata

Tak jarang anak-anak keasyikan jika sudah bermain dengan perangkat digital. Bahkan, apabila sudah kecanduan bisa membuat sang anak kurang berinteraksi dengan dunia yang sebenarnya. Orang tua bisa mengajarkan anak untuk menyeimbangkan antara menggunakan teknologi digital dengan memperkenalkan aktivitas-aktivitas lainnya seperti berkebun, bersosialisasi dengan tetangga, ataupun berolahraga.

Memilihkan aplikasi yang positif untuk anak

Baca Juga  Realisasi Pendidikan Bagi Anak Pekerja Migran Melalui CLC di Malaysia

Seperti yang kita ketahui, teknologi bagaikan pedang bermata dua. Di lain sisi bisa bermanfaat untuk hal-hal yang positif, namun bisa juga digunakan untuk hal-hal yang negatif. Maka dari itu peran orang tua sangatlah penting dalam mengarahkan anak menggunakan aplikasi-aplikasi yang positif, terutama dalam hal pembelajaran.

Menggunakan perangkat digital dengan bijaksana

Orang tua juga harus memberikan contoh penggunaan perangkat digital yang bijaksana. Contohnya seperti meletakkan perangkat komputer di ruang terbuka yang mudah dilihat, tidak menggunakan perangkat digital pada saat berinteraksi atau berkegiatan dengan orang lain, tidak menggunakan perangkat digital sebelum tidur, atau mengatur batasan penggunaan perangkat digital secara seimbang sesuai usia anak.

Menelusuri Kegiatan Anak di Dunia Maya

Terkadang orang tua tidak mengetahui hal apa saja yang diakses di dunia maya. Orang tua dapat memantau dan mengarahkan situs web dan media sosial yang mendukung tumbuh kembang anak, dan pastikan anak tidak mengunjungi situs yang tidak sesuai usia.

Jadi, itulah tadi beberapa kiat mendidik anak di era digital. Orang tua memiliki peran tanggung jawab yang penting dalam pengawasan anak terhadap teknologi digital. Semoga informasi ini bisa memberikan orang tua referensi dalam mendidik anak di era digital. Semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi:

http://repositori.kemdikbud.go.id/11597/1/SPOT_Mendidik%20Anak%20di%20Era%20Digital%20%28REV%29.pdf 

Scroll to Top