Informasi Penting Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Tahun 2022

Sebagai upaya memberikan ruang unjuk minat dan bakat, sekaligus mengasah soft skill, kepemimpinan, jiwa kompetitif serta spirit tim, maka Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menyelenggarakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SD dan SMP tahun 2022 pada 4 – 9 September mendatang. Tema yang diusung pada 02SN tahun ini adalah “Generasi Sehat, Talenta Hebat”. 

Ajang kompetisi O2SN didukung oleh PB IPSI dan PB FORKI serta Pengurus Daerah dan Cabang, Wasit dan Juri cabang olahraga pencak silat dan karate, Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota, penggiat olahraga, KKGO/MGMP, praktisi dan akademisi maupun profesional di bidang olahraga. 

Pelaksanaan O2SN Pendidikan Dasar tahun 2022 dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional. Satuan pendidikan menetapkan perwakilan di sekolah kemudian peserta yang dipilih akan mengikuti kompetisi jenjang kecamatan, lalu diteruskan ke tingkat Kabupaten/Kota, tingkat provinsi, dan terakhir tingkat nasional. Pendaftaran dan seleksi peserta tingkat kecamatan akan dilaksanakan pada bulan Mei 2022.

Mengingat pandemi COVID-19 yang masih belum sepenuhnya hilang, maka kegiatan dilaksanakan secara daring. Peserta dapat melaksanakan kompetisi dari rumah atau sekolah dan didampingi oleh orangtua/wali/guru pembimbing dengan mematuhi protokol kesehatan. Baik untuk jenjang SD maupun SMP terdapat dua cabang olahraga yang dilombakan yaitu pencak silat dan karate yang dapat diikuti oleh putra dan putri.

Peserta tingkat provinsi melakukan pendaftaran melalui sistem aplikasi lomba Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id. Pendaftaran dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta O2SN Pendidikan Dasar secara akurat dan benar dengan memastikan NISN peserta telah diperbarui dan mengunggah dokumen persyaratan serta video keterampilan pada aplikasi pendaftaran.

Untuk informasi selengkapnya, Sobat SMP dapat mengunduh panduan teknis pelaksanaan O2SN Tahun 2022 pada tautan berikut. Jangan lupa juga untuk terus memantau info terbaru seputar linimasa kegiatan pada laman sosial media milik Pusat Prestasi Nasional. Yuk, daftarkan diri dan sekolahmu dan tunjukkan bakat terbaikmu! Selamat berkompetisi!

 

Baca Juga  3 Kebudayaan Indonesia yang Masuk dalam Daftar UNESCO

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: 

Panduan Teknis Pelaksanaan O2SN Tahun 2022

https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/uploads/lampiran/PANDUAN%20O2SN%20SD%20SMP%202022.pdf

Scroll to Top