5 Buku Inspiratif Yang Cocok Untuk Remaja SMP

Sobat SMP, tahukah kamu bahwa setiap tanggal 17 Mei merupakan Hari Buku Nasional. Hari Buku Nasional ini ditetapkan pada tahun 2002 silam. Penentuan Hari Buku Nasional adalah buah pemikiran Menteri Pendidikan dari Kabinet Gotong Royong, Abdul Malik Fadjar (periode 2001-2004). Penetapan Hari Buku Nasional menjadi salah satu upaya pemerintah untuk memacu minat baca masyarakat Indonesia. Nah, dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional, Direktorat SMP akan memberikan rekomendasi lima buku inspiratif untuk kamu.

1. Laskar Pelangi (2006)

Novel Laskar Pelangi merupakan novel karya penulis Andrea Hirata. Buku ini berkisah tentang kehidupan 10 anak yang tidak mampu, tetapi memiliki semangat juang untuk melanjutkan pendidikannya di kampung Gantung, Kepulauan Bangka Belitung. Di balik keterbatasan yang harus mereka hadapi, baik itu dalam bentuk sarana dan prasarana maupun tenaga pendidik, namun anak-anak tersebut tetap mempunyai semangat juang dalam kegiatan pendidikan yang tengah mereka tempuh. Buku ini telah menjadi international bestseller yang telah terbit dalam 22 bahasa, dan diedarkan di lebih dari 130 negara.

2. Aku, Meps, dan Beps (2018) 

Novel Aku, Meps, dan Beps, merupakan novel hasil kolaborasi antara anak dan Ibu, Soca Sobhita dan Reda Gaudiamo. Buku ini diceritakan dalam sudut pandang seorang anak. Ibu dan ayah dari tokoh utama yang dipanggil dengan sebutan Meps dan Beps pada buku ini digambarkan sebagai sosok yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Buku ini juga dirilis oleh penerbit Independen yang cukup berhasil menerbitkan karya-karya berkualitas yang seger bernama Post Press Membaca buku ini bisa membuat Sobat SMP mendapatkan sudut pandang baru tentang kehidupan sebagai seorang anak. 

3. Negeri 5 Menara (2009)

Fuadi, merupakan seorang santri yang juga pernah berprofesi sebagai jurnalis menerbitkan sebuah novel yang terinspirasi dari kisah nyata berjudul Negeri 5 Menara. Buku yang sangat dan menginspirasi ini menceritakan kisah enam anak bersahabat yang mengejar impian masing-masing untuk menempuh pendidikan di luar negeri. Tidak mengherankan jika novel ini kemudian berhasil masuk dalam nominasi Khatulistiwa Award 2010 serta Buku Fiksi Terfavorit 2010 versi Anugerah Pembaca Indonesia. 

4. Keluarga Cemara (1999)

Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat Organisasi Palang Merah Indonesia

Satu lagi novel bertema keluarga yang dapat menginspirasi Sobat SMP adalah novel berjudul Keluarga Cemara. Novel yang ditulis Arswendo Atmowiloto ini berkisah tentang sebuah keluarga yang memilih hidup dengan hanya bermodalkan kejujuran. Keluarga yang amat sangat sederhana terdiri atas Abah, Emak, Euis, Ara, dan Agil. Novel ini sangat menyentuh dan sarat akan nilai kebajikan. Karena sangat populer, seri-seri dari novel keluarga cemara telah dirilis, loh. Tidak hanya itu, novel ini juga telah diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama. 

5. Cerita dari Lembah Baliem (2017)

Selain buku-buku fiksi di atas, ada pula buku non fiksi yang tidak kalah menarik yang ditulis oleh Dzikry el Han terbitan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Buku berjudul Cerita dari Lembah Baliem berisi tentang perjalanan sang penulis di Lembah Baliem Pegunungan Jayawijaya. Buku ini tentu saja akan menambah pengetahuan Sobat SMP mengenai bentang alam dan gambaran sosial budaya masyarakat di wilayah tersebut. Sangat menarik bukan, bisa mengetahui suatu daerah walau belum pernah mengunjunginya? Nah, buku digital ini dapat kamu baca dengan mengakses tautan berikut.

Jadi, apakah ada salah satu dari buku di atas yang tertarik untuk Sobat SMP baca? Apapun buku bacaanmu, jangan bosan-bosan untuk terus membaca ya. Karena membaca memiliki banyak sekali manfaat positif bagi otak. Selamat Hari Buku Nasional!

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: 

https://donasibuku.kemdikbud.go.id/artikel/merayakan-hari-buku-nasional

https://dapobas.kemdikbud.go.id/home?show=isidata&id=1364

Scroll to Top