Rayakan Hari Olahraga Nasional dengan Berolahraga di Rumah

Tahukah Sobat SMP bahwa setiap tanggal 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional? Hal ini ditetapkan oleh Presiden Soeharto melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 1985 Tentang Hari Olahraga Nasional. Tanggal 9 September dipilih dengan mempertimbangkan bahwa tanggal 9 September 1985, di Kota Solo telah dicanangkan Hari Olahraga Nasional sebagai langkah awal gerakan untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun ini merupakan peringatan Hari Olahraga Nasional yang ke-38. Tema yang diangkat pada peringatan Haornas tahun ini adalah “Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju”. Tema tersebut sejalan dengan peluncuran Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) oleh Presiden Joko Widodo yang rencananya akan diluncurkan pada 9 September 2021.

Untuk turut merayakan Hari Olahraga Nasional di masa pandemi ini, Sobat SMP bisa mencoba melakukan berbagai olahraga ringan di rumah. Namun tak dapat dipungkiri olahraga di rumah seringkali terasa membosankan. Nah, bagaimana agar aktivitas olahraga di rumah tetap menyenangkan? Yuk, simak tip di bawah ini.

1. Pilih jenis yang tepat

Pilihlah jenis olahraga yang tepat untuk Sobat SMP, misalnya olahraga yang memang disukai, mudah dilakukan, menyenangkan, atau sesuai dengan target yang ingin dicapai. Sobat SMP juga bisa mempertimbangkan jenis olahraga seperti apa yang diinginkan, yaitu olahraga yang dilakukan sendiri atau secara berkelompok. Dengan menentukan olahraga yang tepat, Sobat SMP akan lebih mudah dan merasa senang untuk melakukannya.

2. Buat jadwal

Baca Juga  Keahlian Komunikasi yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

Berolahraga secara rutin sangat baik untuk membuat hari-hari Sobat SMP menjadi lebih disiplin, teratur, dan tidak membosankan. Buatlah jadwal yang realistis, sehingga mudah untuk dilaksanakan. 

3. Tentukan target

Ketika Sobat SMP menentukan target tertentu dalam berolahraga, diharapkan Sobat SMP dapat merasa lebih tertantang untuk mencapai target tersebut. Dan bila target yang ditetapkan telah tercapai, maka tentunya akan memberi kesenangan tersendiri. Memasang target tertentu terkadang memang diperlukan sebagai tantangan bagi diri sendiri.

4. Padukan dengan aktivitas lain

Olahraga di rumah juga dapat dilakukan sambil melakukan aktivitas lain di rumah, misalnya saja berjemur di pagi hari sambil melakukan senam, mengajak jalan-jalan binatang peliharaan sambil berlari santai mengelilingi perumahan, dan lain-lain. Dengan begitu, aktivitas olahraga akan terasa lebih menyenangkan dan tidak monoton.

Bagi Sobat SMP yang ingin mendapatkan informasi lebih banyak mengenai aktivitas olahraga, juga dapat membaca panduan-panduan aktivitas olahraga dari Direktorat SMP melalui tautan berikut. Mari tetap aktif meski di masa pandemi dengan berolahraga di rumah, ya. Selamat Hari Olahraga Nasional!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: 

https://www.kemenpora.go.id/detail/964/menpora-amali-sebut-dbon-akan-diluncurkan-presiden-jokowi-saat-peringatan-haornas-ke-38

https://www.kemenpora.go.id/pengumuman/24/informasi-hari-olahraga-nasional-2021

https://www.instagram.com/p/CRgU5W3hC2x/

Scroll to Top