Keahlian Komunikasi yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

Halo Sobat SMP! Apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan kepemimpinan? Menurut George Terry yang dikenal sebagai “Bapak Ilmu Manajemen Modern”, kepemimpinan adalah kegiatan memengaruhi orang lain agar bekerja keras dengan penuh kemauan untuk tercapainya tujuan bersama.

Menjadi seorang pemimpin memang tidaklah mudah karena harus mampu mengatur setiap anggotanya menjalankan tugas dan perannya masing-masing. Tentunya dibutuhkan kemampuan-kemampuan tertentu untuk bisa mengelola tim atau organisasi yang dipimpin.

Agar dapat mengatur anggotanya dengan baik, salah satu kemampuan yang wajib dimiliki seorang pemimpin adalah kecakapan dalam berkomunikasi. Komunikasi yang dimaksud sendiri tidak hanya sekadar bisa berbicara, namun terdapat juga hal-hal lainnya. Seperti apa keahlian komunikasi yang harus dimiliki seorang pemimpin? Yuk simak artikel ini!

  • Mendengarkan

Pernah tahu sebuah pepatah yang mengatakan mendengar sebelum berbicara? Hal ini benar adanya. Komunikasi paling mendasar bagi seorang pemimpin adalah mendengarkan. Seorang pemimpin yang hebat perlu menjadi pendengar yang baik untuk setiap anggotanya.

Apabila terdapat anggota organisasi memiliki aspirasi, masukan, ataupun kritik, jangan langsung menolak mentah-mentah pesan yang disampaikan. Coba dengarkanlah secara saksama dan menyimak maksud pesan tersebut.

  • Menyimpulkan

Di dalam sebuah organisasi, tentunya ada banyak kepala, kepribadian, dan juga pemikiran masing-masing. Semua anggota terkadang tidak selalu memiliki pemikiran yang sama, ada saja perbedaan pendapat maupun pertentangan di antara mereka.

Di sini, kemampuan mendengarkan juga harus diiringi oleh analisis seorang pemimpin untuk menyimpulkan. Menarik kesimpulan tidak boleh diambil hanya dari satu sisi, namun perlu melakukannya dari sisi-sisi lainnya agar hal yang didapat bisa objektif. 

  • Berbicara
Baca Juga  Penyusunan Modul SMP Terbuka Tahun 2021 Memasuki Tahap Reviu

Berbicara adalah dasar dari sebuah komunikasi. Seorang pemimpin yang hebat haruslah menguasai kemampuan berbicara, baik berbicara secara pribadi dengan individu ataupun berbicara di depan umum (public speaking). Bila memiliki keahlian berbicara yang baik, seorang pemimpin akan bisa berkomunikasi dengan anggotanya dengan efektif.

Kemampuan berbicara erat kaitannya dengan kepercayaan diri. Hal ini bisa dilatih dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan sering berbicara di depan cermin. Carilah sebuah teks untuk dibacakan di depan cermin, lalu bacalah teks tersebut dengan lantang.

Itulah tadi beberapa keahlian komunikasi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Komunikasi yang baik dari seorang pemimpin bisa membangun sinergitas antara setiap anggotanya sehingga berdampak pada majunya organisasi. Jadi, Keahlian komunikasi mana saja yang sudah dimiliki para Sobat SMP? Ceritakan pengalaman Sobat SMP seputar kepemimpinan di kolom komentar ya!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi:

Kegiatan Kawah Kepemimpinan Pelajar Direktorat SMP di Bogor 2-5 November 2021

https://ditsmp.kemdikbud.go.id/mahir-berkomunikasi/

Scroll to Top