5 Rekomendasi Buku Bacaan Untuk Mengisi Liburan

Sobat SMP, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu liburan akhir semester ini. Selain dapat mencoba berkebun, Sobat SMP juga dapat mengisi waktu senggang dengan membaca buku. Bukan sembarang buku, ada banyak buku dengan topik menarik yang bisa kamu jadikan bahan bacaan. Sobat SMP dapat mencoba membaca buku terkait bidang yang diminati, buku pengembangan diri, atau buku sejarah dan kebudayaan. Nah, kali ini Direktorat SMP memberikan 5 (lima) referensi bacaan menarik yang dapat menambah wawasan Sobat SMP. Simak daftar di bawah ini, ya!

1. Fotografer Hebat (2021)

Sobat SMP memiliki ketertarikan terhadap dunia fotografi? Bila ya, modul “Fotografi Hebat” yang dirilis oleh Direktorat Sekolah Menengah Pertama ini bisa menjadi bacaan untuk memperdalam pengetahuan terkait fotografi. Buku modul ini membahas topik seputar fotografi seperti jenis kamera dan pencahayaan, konsep pencahayaan, konsep komposisi, sampai dengan sejarah fotografi. Buku modul ini juga dikemas dengan format bergambar serta bahasa yang mudah dipahami. Setelah membaca modul ini, Sobat SMP jangan ragu untuk mempraktikkan langsung informasi yang didapat. Modul Fotografi Hebat dapat dibaca dengan mengunduh pada tautan berikut

2. Leang Bulu Sipong 4: Jejak Purba Tertua di Dunia yang Tersingkap (2021) 

Meski tak bisa bepergian jauh dikarenakan pandemi COVID-19 yang masih melanda, Sobat SMP tetap dapat ‘berkunjung’ ke Leang Bulu Sipong, Sulawesi Selatan. Buku yang diterbitkan oleh Direktorat Perlindungan Kebudayaan Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek ini dapat membawa Sobat SMP melihat lebih dekat gambar gua figuratif tertua di dunia yang berumur sekitar 44 ribu tahun. Meski memberikan informasi yang padat, buku ini tidak akan terasa membosankan karena dibuat dalam bentuk komik. Penasaran, kan? Silakan mengunduh komik Leang Bulu Sipong 4 pada tautan ini.

3. Sekolah Aman: Mendukung Kualitas Pembelajaran Melalui Sekolah Aman dan Menyenangkan (2020)

Baca Juga  Beberapa Pemuaian Zat yang Diakibatkan oleh Suhu

Sekolah merupakan institusi pendidikan formal yang sudah seharusnya memberikan rasa aman dan menyenangkan kepada seluruh warga sekolah. Untuk mewujudkan hal tersebut, Sobat SMP yang berprofesi sebagai pendidik dan tenaga kependidikan dapat membaca buku yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Kebijakan Badan Penelitian Pengembangan Dan Perbukuan (Puslitjak) Kemendikbudristek pada tahun 2020 ini. Topik yang disajikan dalam buku antara lain mengenai strategi manajemen kelas, model dan praktik baik, serta pembelajaran menyenangkan dalam sekolah aman. Buku ini dapat diunduh pada tautan berikut.

4. Menjadi Jurnalis Milenial (2021)

Modul bergambar Menjadi Jurnalis Milenial terbitan Direktorat Sekolah Menengah Pertama ini juga dapat menjadi bacaan menarik bagi Sobat SMP yang ingin mengembangkan bakat di dunia jurnalistik. Buku ini membahas mengenai sejarah jurnalistik, dasar-dasar jurnalistik, teknik wawancara, teknik menulis berita, hingga ke proses penyuntingan sebuah tulisan agar layak untuk diterbitkan. Selain itu, buku ini juga membahas mengenai fotografi jurnalistik, serta berbagai jenis tulisan yang kerap dimuat dalam media. Wow, lengkap banget, ya. Modul bergambar Menjadi Jurnalis Milenial dapat diunduh tautan berikut.

5. Seri Pendidikan Orang Tua : Mendidik Anak di Era Digital (2016)

Mendidik anak di tengah berkembang pesatnya era digital, tentu memunculkan tantangan tersendiri. Oleh sebab itu, penting bagi para orang tua untuk membekali diri dengan pengetahuan yang relevan. Kemendikbudristek melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga menerbitkan buku “Seri Pendidikan Orang Tua : Mendidik Anak di Era Digital” yang memberikan informasi sekaligus saran bagi para orang tua dalam mendampingi generasi digital sehingga paparan media dapat memberikan manfaat optimal. Silakan mengunduh buku Seri Pendidikan Orang Tua : Mendidik Anak di Era Digital pada tautan ini.

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top