Melihat Keanekaragaman Hayati di Tanah Papua

Indonesia memiliki kekayaan flora dan fauna yang sangat melimpah. Sebagai salah satu provinsi di Indonesia, Papua juga memiliki beberapa flora dan fauna endemik yang begitu unik. Mulai dari burung, bunga, sampai dengan buah-buahan khas, melengkapi daya tarik pariwisata dari tanah Papua. Apa saja sih flora dan fauna yang terdapat di Papua? Yuk, simak daftar berikut ini.

1. Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih merupakan salah satu burung endemik tanah Papua. Untuk melihat Burung Cendrawasih, Sobat SMP dapat berkunjung ke lokasi pengamatan di  Wisata Alam Bird of Paradise di Kampung Tablasupa, Distrik Depapre, dan Bird Watching Isyo Hill di Kampung Rhepang Muaif, Distrik Nimbokrang. Burung-burung Cendrawasih bisa dilihat pada pada pagi hari sekitar pukul 05.00 WIT – 09.00 WIT dan sore hari sekitar pukul 15.00 WIT  sampai saat matahari terbenam.  Di kedua lokasi tersebut, Sobat SMP dapat melihat jenis burung Cendrawasih 12 Antena, Cendrawasih Paruh Sabit, dan Cendrawasih Apoda atau disebut juga Cendrawasih Ekor Emas.

2. Bunga Anggrek

Salah satu flora yang dapat ditemukan di tanah Papua adalah tanaman Anggrek (Orchidaceae) yang berjumlah sekitar 3000 spesies. I Nyoman Lugrayasa, Peneliti UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Eka Karya Bali-LIPI menyatakan bahwa Papua menyimpan hampir setengah dari seluruh spesies anggrek yang terdapat di Indonesia. Sebagian besar anggrek masih berupa anggrek liar atau anggrek alam dan beberapa spesies merupakan anggrek endemik Papua seperti Paphiopedilum glanduliferum (Blume) Stein, Grammitis ceratocarpa, Grammitis coredrosora, Grammitis habbensis, dan lain sebagainya.

3. Burung Dara Mahkota

Burung Dara Mahkota juga menjadi salah satu ikon fauna Nusantara yang pernah menjadi gambar pada uang logam pecahan Rp 25 terbitan Bank Indonesia tahun 1971. Satwa ini hidup di hutan dataran rendah bagian selatan Papua, namanya mambruk atau dara mahkota. Ada tiga spesies mambruk, burung dalam keluarga merpati dan dara (Columbidae) yang seluruhnya endemik Papua, yaitu Mambruk Selatan (Goura scheepmakeri), Mambruk Victoria (Goura Victoria), Mambruk Ubiaat (Goura cristata). 

4. Pohon Pisang Musa Ingens 

Baca Juga  Kiprah Berdirinya Pramuka di Indonesia

Ternyata pohon pisang terbesar di dunia ada di Indonesia, tepatnya, di Pegunungan Arfak Papua Barat. Pohonnya bisa mencapai tinggi 25 – 30 meter atau setara dengan 6 -7 kali lipat pisang pada umumnya. Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manokwari menyebutkan, pisang raksasa yang ditemukan di Papua ini tumbuhan endemik dan memiliki nama latin Musa ingens atau Musa ingens NW Simmonds. Tinggi pohon ini mencapai 25 – 30 meter dengan panjang pelepah mencapai lima meter dan lebar sekitar satu meter. Pisang musa ingens ini memiliki buah dengan panjang hingga 20 cm dengan ukuran buah diameter bisa 4-6 cm. Satu tandan pisang dapat memiliki berat sampai dengan 60 kilogram. 

5. Burung Punai Gading

Punai gading merupakan satwa dari keluarga Columbidae dengan corak bulu aneka warna terutama pada jenis jantannya. Mereka gemar memakan buah-buah kecil dan ikut membantu menyebarkan bibit tanaman. Punai gading tergolong merpati hutan dan menyukai area terbuka. Misalnya, tepian hutan primer, hutan sekunder, lahan pertanian, pesisir pantai, dan hutan mangrove. Secara umum, merpati ini memiliki warna dasar hijau daun dengan leher berwarna merah jambu dan berat rata-rata sekitar 105–160 gram. Satwa dari kelas Aves ini adalah pemakan buah (frugivore) dan mencari makan secara berkelompok.

Nah, itulah ragam jenis flora dan fauna yang ada di Papua. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Sobat SMP mengenai keanekaragaman hayati di Papua. Bila memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Papua, jangan lupa untuk melihat langsung flora dan fauna tersebut, ya. 

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: 

https://www.indonesia.go.id/kategori/keanekaragaman-hayati/2785/pohon-pisang-musa-ingens-papua-terbesar-di-dunia

https://www.indonesia.go.id/kategori/keanekaragaman-hayati/3112/melihat-dari-dekat-cenderawasih-kebanggaan-papua

https://www.indonesia.go.id/kategori/keanekaragaman-hayati/3305/dara-bermahkota-terindah-di-dunia-ada-di-papua

https://www.indonesia.go.id/kategori/keanekaragaman-hayati/3329/pesona-punai-si-merpati-penuh-warna

https://www.indonesia.go.id/kategori/keanekaragaman-hayati/3320/papua-rumahnya-anggrek-indonesia

 

Scroll to Top