Membaca Buku Melalui Layanan Perpustakaan Digital

Dilihat 1,160 pengunjung

Sobat SMP, tak terasa saat ini sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Meski Sobat SMP yang beragama Islam tengah menjalani ibadah puasa, namun produktivitas sehari-hari tetap harus dijaga. Sebab ada banyak sekali hal-hal bermanfaat yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu selama puasa, salah satunya dengan membaca buku.

Sobat SMP dapat memanfaatkan layanan perpustakaan digital yang dikembangkan oleh sejumlah perpustakaan di Indonesia. Layanan ini memungkinkan para penggunanya untuk meminjam dan membaca buku secara cuma-cuma tanpa perlu datang ke perpustakaan. Bagi Sobat SMP yang ingin mencoba, yuk simak 5 (lima) perpustakaan dengan layanan pustaka digital di bawah ini: 

1. Perpustakaan Nasional 

Layanan perpustakaan digital milik Perpustakaan Nasional bisa diakses melalui aplikasi “iPusnas” yang dapat diunduh di playstore, appstore, maupun melalui komputer. Sobat SMP dapat membuat akun terlebih dahulu, kemudian lakukan verifikasi email. Untuk meminjam buku, Sobat SMP bisa langsung mencari buku berdasarkan judul buku maupun berdasarkan kategori buku, kemudian lakukan peminjaman. Bukan hanya itu, Sobat SMP juga menuliskan review dari buku yang dibaca di aplikasi tersebut. Para pengguna juga dapat mengikuti profil satu sama lain. 

2. Perpustakaan Kemendikbud 

Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) juga memiliki layanan pustaka digital berbasis aplikasi bernama “eperpusdikbud”. Aplikasi ini dapat diunduh melalui playstore maupun play store. Sobat SMP bisa melakukan pencarian buku berdasarkan judul di kolom pencarian maupun mengganti kategori buku yang tampil sesuai kebutuhan. Aplikasi ini menampilkan ringkasan buku, informasi umum, serta penilaian dan ulasan buku. Terdapat pula fitur reading mode yang bisa diaktifkan ketika sedang membaca. 

3. Perpustakaan Bank Indonesia 

Baca Juga  Kemendikbud Selenggarakan Kegiatan Komunikasi Digital Jenjang SMP

Sobat SMP tertarik dengan topik terkait dunia ekonomi? Kalau begitu, Sobat SMP bisa mencoba mengakses buku-buku koleksi perpustakaan Bank Indonesia (BI). Untuk mengakses koleksi digital perpustakaan BI, Sobat SMP harus mengunduh aplikasi “iBI Library” terlebih dahulu melalui perangkat ponsel Android maupun komputer. Terdapat berbagai koleksi jurnal, database, majalah, berita, dan buku yang bisa diakses pada aplikasi tersebut. 

4. Perpustakaan Pemprov Jakarta

Aplikasi “iJakarta” merupakan aplikasi yang menyediakan layanan digital perpustakaan milik pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Fitur yang ditawarkan pada aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan layanan digital perpustakaan lainnya, yaitu dapat meminjam, mengembalikan, menulis ulasan, maupun menandai buku bacaan.  Kategori buku yang terdapat pada aplikasi ini juga cukup lengkap, mulai dari buku pelajaran, cerpen, novel, serta buku pengetahuan umum lainnya. Selain itu, pada aplikasi ini Sobat SMP bisa membagikan buku kepada sesama pengguna aplikasi maupun ke orang lain melalui media sosial. 

5. Badan Bahasa Kemendikbud 

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa ternyata juga memiliki layanan buku digital yang dapat diakses secara daring melalui laman https://budi.kemdikbud.go.id/

Sobat SMP dapat mengakses berbagai buku bacaan yang sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing. Berbentuk buku interaktif, Sobat SMP bisa langsung membaca buku-buku yang ada tanpa perlu mengunduh terlebih dulu. Layanan ini juga memungkinkan pembaca membaca buku dalam 3 (tiga) pilihan bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Jadi, manfaatkan waktu luang di bulan Ramadhan untuk menambah wawasan ya, baik wawasan umum maupun wawasan keagamaan. Selamat menjalankan ibadah puasa!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top