Informasi Program: Pembinaan Ekstrakurikuler

Dilihat 2,065 pengunjung

Untuk membuat bangsa ini menjadi bangsa yang cerdas dan berkarakter, tentunya diperlukan pembentukan generasi emas sejak dini. Salah satu caranya adalah dengan membangun kepemimpinan, kepribadian, dan pengembangan budi pekerti peserta didik lewat kegiatan ekstrakurikuler.

Menyadari pentingnya regenerasi penerus perjuangan bangsa, Direktorat Sekolah Menengah Pertama (Direktorat SMP), Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memprogramkan kegiatan pembinaan ekstrakurikuler di tahun 2021 untuk Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, MKKS, maupun MGMP yang nantinya akan disosialisasikan kepada satuan pendidikan dan peserta didik di Kabupaten/Kota masing-masing sebagai pengembangan dan penguatan karakter bagi peserta didik SMP.

Pembinaan ekstrakurikuler adalah sebuah program Direktorat SMP yang bertujuan untuk membuat peserta didik menjadi penggerak bagi peserta didik lainnya di bidang ekstrakurikuler, baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat.

Dengan banyaknya peserta didik yang terlibat menjadi peserta didik penggerak, diharapkan juga dapat membawa dampak kepada sekolah yang bisa menjadikannya sebagai sekolah penggerak bagi sekolah-sekolah di sekitarnya.

Program ini berbentuk penyusunan NSPK kegiatan ekstrakurikuler dalam bentuk buku, infografis, video pendek, video animasi, dan juga pembinaan ekstrakurikuler bagi sekolah dan juga peserta didik.

Rencana NSPK yang akan disusun dalam waktu dekat adalah buku Panduan dan pengembangan Ekstrakurikuler, Fotografi, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Pengembangan Bakat Olahraga Basket dan Sepak Bola, Jurnalistik, Fotografi, dan Cyber Bullying. Sedangkan infografis, video pendek dan video animasi yang akan disusun dengan tema pramuka, OSIS, Bijak bermedia sosial, mahir berkomunikasi, Futsal, Karate, Pencak Silat, Jurnalistik, Fotografi, Basket, Paskibra, Cyber Bullying.

Selain itu, Direktorat SMP juga mengadakan Pendampingan Kegiatan Ekstrakurikuler. Pelaksanaan pendampingan di kabupaten/kota yang terdapat sekolah penggerak. Kegiatan ini direncanakan yang akan didampingi koordinator kesiswaan unsur Dinas Pendidikan, MKKS maupun MGMP pada bulan Agustus – September 2021.

Untuk peserta didik sendiri, Direktorat SMP sudah menyiapkan dua program pembinaan ekstrakurikuler di tahun 2021 ini, yaitu Pembinaan Pelajar Pancasila dan Kemah Pramuka Penggalang bagi peserta didik SMP.

Pembinaan Pelajar Pancasila

Baca Juga  Belajar Demokrasi Lewat Organisasi OSIS

Peserta dari Pembinaan Pelajar Pancasila berjumlah 2.000 peserta didik SMP seluruh Indonesia yang tersebar dari 2 wilayah Timur dan 2 wilayah Barat. Masing-masing wilayah dihadiri 500 peserta didik.

Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa tanggung jawab di hati peserta didik dan guru untuk tetap selalu setia mencintai NKRI, ber-Pancasila, mengembangkan semangat patriotisme, patuh dan menjalankan UUD 45 dan perundangan yang berlaku. Acara ini akan dilaksanakan pada bulan November 2021.

Kemah Pramuka Penggalang

Peserta dari Kegiatan Kemah Pramuka Penggalang adalah peserta didik pramuka garuda di wilayah Kwarda/Kwarcab di region tempat pelaksanaan kegiatan. Yang terpilih adalah 1 regu Pramuka Garuda dari berbagai sekolah yang terdiri dari 5 putra dan 5 putri serta 2 orang pendamping dinas kota/kabupaten dan 1 pendamping provinsi.

Pramuka Garuda merupakan peserta didik SMP pramuka terbaik yang dimiliki oleh setiap provinsi/kabupaten/kota yang telah ditentukan oleh Kwartir Daerah atau Kwartir kota/kabupaten masing-masing. Total peserta Kemah Pramuka Penggalang kurang lebih sebanyak 442 peserta (peserta didik dan pendamping) yang ditetapkan.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 5 hari yang dilakukan pada bulan Agustus 2021. Diharapkan, dampak dari pelaksanaan kegiatan ini dapat meningkatkan kecerdasan, keterampilan, kepemimpinan, bela negara, dan juga kewirausahaan bagi para peserta.

Referensi: Kerangka Acuan Kerja Pembinaan Ekstrakurikuler 2021 Direktorat SMP

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top