Dukung Asesmen Nasional 2021, Direktorat SMP Selenggarakan Bimbingan Teknis Proktor

Dilihat 17,013 pengunjung

Pemerintah pusat telah menetapkan bahwa Asesmen Nasional akan digelar di tahun 2021 ini. Namun karena mempertimbangkan beberapa hal, pelaksanaan Asesmen Nasional yang seharusnya diselenggarakan pada April tahun ini diundur ke kuartal III di penghujung September 2021 untuk jenjang SMP.

Bagi Sobat SMP yang belum tahu apa itu Asesmen Nasional, Asesmen Nasional merupakan program pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program pendidikan kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Gambaran mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter), kualitas proses belajar-mengajar, serta iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Direktur Sekolah Menengah Pertama Drs. Mulyatsyah, M.M. menyampaikan beberapa hal terkait Asesmen Nasional. Mulyatsyah mengatakan bahwa salah satu fungsi Direktorat SMP di Kemendikbudristek ialah melakukan pembinaan dan pengawasan, salah satunya dengan melakukan kontrol standar mutu capaian hasil pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, untuk mengevaluasi capaian-capaian tersebut perlu dilakukan Asesmen Nasional.

“Asesmen Nasional adalah bagaimana pemerintah pusat ingin melihat sampai sejauh mana kinerja sekolah dalam melakukan proses pembelajaran. Itulah sebabnya bahwa Asesmen Nasional yang menjadi sasaran bukan lagi kelas IX, tapi kelas VIII untuk jenjang SMP,” tegas Mulyatsyah.

 Menurut Mulyatsyah, Asesmen Nasional berguna untuk memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil melalui serangkaian tahapan. Jadi, Asesmen Nasional lebih mengevaluasi kinerja sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran.

“Ujungnya apa? ujungnya adalah potret dari kinerja sekolah. Tentang apa? Tentang bagaimana capaian kognitif terkait dengan literasi, numerasi, karakter, dan lingkungan belajar,” tambah Mulyatsyah.

Direktorat SMP menyambut baik program pemerintah pusat ini. Namun agar pelaksanaan Asesmen Nasional 2021 dapat berjalan dengan baik, tentunya perlu penguatan di beberapa aspek, salah satunya adalah peranan proktor.

Menyadari pentingnya peran proktor dalam kesuksesan Asesmen Nasional, Direktorat SMP menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Proktor Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan jenjang SMP yang dimulai pada 8 Juni hingga 9 Juli 2021. Kegiatan tersebut terbagi ke dalam 9 angkatan dan beberapa region.

Koordinator Bidang Penilaian Direktorat SMP Dra. Ninik Purwaning Setyorini, M.A. mengatakan bahwa acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Proktor ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada proktor sekolah dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Asesmen Nasional di sekolahnya masing-masing

“Para peserta Bimtek Proktor ini akan diajak mengenal aplikasi dan alat-alat yang digunakan dalam pelaksanaan Asesmen Nasional. Selain itu, peserta akan diajarkan bagaimana kiat-kiat maupun cara mengatasi manakala terjadi permasalahan teknis, serta diedukasi mengenai kebijakan Asesmen Nasional,” ujar Ninik.

Para peserta Bimtek ialah proktor sekolah jenjang SMP yang berasal dari 34 provinsi dan 144 kabupaten/ kota. Mayoritas peserta pernah menjadi proktor Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Total peserta kegiatan ini sebanyak 900 orang proktor. Selama kegiatan, mereka akan menerima materi dan juga pelatihan menjadi proktor Asesmen Nasional 2021.

Sebelum bimbingan teknis dimulai, para peserta kegiatan diwajibkan melakukan swab test (tes usap) terlebih dahulu untuk memastikan mereka dalam kondisi yang sehat. Seluruh peserta juga diwajibkan untuk menaati protokol kesehatan yang berlaku seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Peserta kegiatan diberi pembekalan mengenai Asesmen Nasional. Materi yang disampaikan kepada peserta dilakukan secara pleno dan kelompok serta dilaksanakan selama 3 (tiga) hari. Pada setiap sesi materi, diberikan kesempatan diskusi dan tanya jawab antara narasumber dan peserta.

Materi pembekalan proktor yang diberikan berupa Kebijakan Asesmen Nasional 2021, Petunjuk Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), dan juga Pengenalan Aplikasi ANBK.

 Materi Kebijakan meliputi Kebijakan Pelaksanaan AN dan Pengenalan AKM Kelas. Sedangkan materi Petunjuk Teknis terdiri dari Juknis ANBK dan Pemanfaatan Web ANBK. Selanjutnya materi Aplikasi terdiri dari Pengenalan dan Penggunaan Aplikasi ANBK, Jaringan, Troubleshooting, dan Praktik.

 Para peserta kegiatan merasa terbantu dengan adanya Bimbingan Teknis Proktor Asesmen Nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat SMP. Menurut mereka, acara ini cukup bermanfaat untuk mempersiapkan pelaksanaan Asesmen Nasional September mendatang.

“Bimtek ini sangat bermanfaat ya, lebih fokus juga pelatihannya karena dibagi per kelas,” ujar Ihfa Nur Maghfirani, proktor dari SMPN 31 kota Tangerang.

 “Dapat pemahaman tentang troubleshooting, aplikasi ANBK, dan kebijakannya. Insya Allah juga di sekolah kami sudah siap melaksanakan ANBK dari segi sarana dan prasarananya,” kata Gerry Pradana, proktor SMPN 2 kota Sabang.

 Di sesi akhir, dilakukan juga pengayaan kepada para peserta kegiatan guna mereviu kembali materi-materi yang sudah diterima selama pelatihan. Hasil yang diharapkan setelah kegiatan ini terlaksana adalah peserta memahami dengan baik tentang teknis pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021 dan dapat memfasilitasi pelaksanaan Asesmen Nasional di sekolahnya masing-masing.

 

Baca Juga  Semakin Andal Bermain Futsal

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top