Direktorat SMP Gelar Penguatan Pengawasan dan Penguatan Akuntabilitas

Dilihat 623 pengunjung

Komitmen Direktorat SMP untuk meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK) direalisasikan melalui berbagai kegiatan persiapan program Reformasi Birokrasi Internal (RBI) ZI WBK. Bila sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan penyusunan program kerja RBI, maka pada Senin (22/3) lalu, Direktorat SMP menggelar kegiatan Pendampingan Untuk Area Pengungkit Penguatan Pengawasan dan Akuntabilitas.

Acara ini diselenggarakan untuk memberikan penguatan dan pembekalan pengetahuan bagi tim pokja khususnya area pengungkit penguatan pengawasan dan penguatan akuntabilitas, sehingga dapat memberikan gambaran pelaksanaan area pengungkit tersebut dalam menunjang terselenggaranya ZI WBK di Direktorat SMP tahun 2021.

Berlangsung sejak pagi hari, kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Direktur SMP, Mulyatsyah. Dalam sambutannya, Beliau mengimbau agar seluruh jajaran di Direktorat SMP berbagi peran dan senantiasa berproses menuju ZI WBK. 

“Saya berharap teman-teman bisa berkonsentrasi. Kita harus berproses sedini mungkin, kita tidak boleh lamban. Kita dapat memanfaatkan berbagai media seperti video conference atau Whatsapp, sehingga kita bisa berbagi peran dalam menjalankan tugas untuk mencapai ZI WBK” ujar Mulyatsyah.

Dalam acara ini, Direktorat SMP menghadirkan dua narasumber utama untuk memberikan pendampingan. Kedua narasumber tersebut Cyti Daniela Aruan, Koordinator Akuntabilitas Kinerja Biro Perencanaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Ridwan Makassau, Koordinator TLK, Rumah Tangga, dan Keuangan Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Materi pertama yang adalah materi terkait penguatan akuntabilitas yang dibawakan oleh Cyti Daniela Aruan. Salah satu poin penting yang ditekankan dalam materi ini adalah Direktorat SMP harus mendokumentasikan segala kegiatan yang dilakukan bersama-sama dengan pimpinan untuk menggambarkan bahwa pimpinan aktif terlibat dalam program-program yang berjalan. Dokumen tersebut nantinya akan digunakan sebagai data pendukung ke pihak evaluator.

Selain itu, Beliau juga mengingatkan bahwa yang menjadi titik berat dari seluruh kegiatan dari segala aspek pengungkit adalah peningkatan pelayanan. Oleh sebab itu, seluruh jajaran di Direktorat SMP harus menghayati setiap nilai-nilai yang terdapat pada area pengungkit terutama dalam menjalankan tugas sehari-hari. “Dalam reformasi birokrasi yang sering menjadi barrier adalah mindset,” imbuh Daniela. 

Selanjutnya, Ridwan Makassau membawakan materi kedua mengenai penguatan pengawasan. Dalam kesempatan tersebut, Beliau mendorong Direktorat SMP untuk segera mendaftarkan diri sebagai ZI WBK, sekaligus juga menyampaikan materi terkait catatan pendampingan yang dimiliki, dimana catatan tersebut merupakan berbagai temuan kondisi di lapangan ketika pihak Inspektorat Jenderal Kemendikbud mendampingi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) melakukan evaluasi fisik. Poin-poin yang disampaikan tersebut, tentu saja menjadi penting untuk diperhatikan oleh Direktorat SMP agar mempersiapkan diri dengan lebih baik. 

Kesempatan pendampingan ini, dioptimalkan oleh anggota tim RBI Direktorat SMP untuk berdialog dan berdiskusi dengan para narasumber sekaligus membedah penyusunan detail indikator terkait pengawasan dan akuntabilitas kinerja yang dimiliki. Perlahan namun pasti, Direktorat SMP terus berproses menuju ZI WBK sesuai dengan amanat Direktur SMP.

Cyti Daniela Aruan, Koordinator Akuntabilitas Kinerja Biro Perencanaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan paparan terkait materi penguatan akuntabilitas, Senin (22/3) di Jakarta Selatan.
Suasana saat kegiatan Pendampingan Untuk Area Pengungkit Penguatan Pengawasan dan Akuntabilitas berlangsung pada Senin (22/3).

Referensi:

Liputan kegiatan “Pendampingan Untuk Area Pengungkit Penguatan Pengawasan dan Akuntabilitas”

 

Baca Juga  Direktorat SMP Perkuat Area Tata laksana dan Manajemen SDM

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top