Menjaring Bibit Emas Pesepak Bola Lewat Gala Siswa Indonesia

Halo, Sobat SMP! Sepak bola adalah salah satu olahraga yang sangat populer dan digemari oleh masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Antusiasme dan fanatisme masyarakat terhadap sepak bola tidak bisa diragukan lagi. Maka dari itu, sepak bola harus menjadi salah satu fokus pengembangan di dunia olahraga nasional.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional yang bekerja sama dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mencoba untuk mewadahi dan mengapresiasi minat peserta didik terhadap olahraga sepak bola melalui kegiatan Gala Siswa Indonesia (GSI). GSI adalah sebuah ajang kompetisi di bidang olahraga, khususnya sepak bola. Ajang ini sekaligus untuk menjaring bibit-bibit emas pesepak bola generasi mendatang.

Pelaksanaan GSI jenjang SMP tahun 2022 dilakukan secara hybrid, yakni daring/online dan juga on site. Sistem daring dilaksanakan secara asinkron dalam bentuk video keterampilan, sedangkan sistem on site adalah lomba yang dilaksanakan secara tatap muka dapat dalam bentuk tes keterampilan dan pertandingan untuk memilih peserta terbaik (bukan tim terbaik).

Untuk mekanisme seleksi, GSI jenjang SMP tahun 2022 dibagi ke dalam empat tahapan. Keempat tahapan itu adalah seleksi tingkat kecamatan, seleksi tingkat kabupaten/kota, seleksi tingkat provinsi, dan berakhir di seleksi tingkat nasional. 

Kompetisi GSI SMP tingkat nasional akan menghasilkan 30 (tiga puluh) nominasi Pemain Terbaik untuk memilih 11 (sebelas) pemain terbaik GSI. Panitia pusat juga akan melakukan penilaian pada kategori pemain penyerang terbaik, gelandang terbaik, pemain belakang terbaik, penjaga gawang terbaik, pencetak gol terbanyak, pemain fair play, peserta teladan, pelatih kepala terbaik, dan asisten pelatih terbaik.

Pendaftaran GSI jenjang SMP telah dibuka sejak 18 Mei 2022 dan berakhir pada 30 Juni 2022. Untuk seleksi tingkat nasional akan dilaksanakan selama Oktober 2022 yang terdiri dari 7 hari training center dan 7 hari pertandingan internal.

Yap, itu tadi beberapa informasi terkait perhelatan Gala Siswa Indonesia. Sobat SMP bisa mengakses informasi selengkapnya di situs resmi Pusat Prestasi Nasional atau dengan dengan menghubungi narahubung di nomor 0878-8880-0091 / 0877-8103-7040 / 0877-8164-5910. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sobat SMP!

Panduan Teknis Pelaksanaan GSI 2022 Jenjang SMP

Baca Juga  Merdeka Belajar 16: Akselerasi dan Peningkatan Pendanaan PAUD dan Pendidikan Kesetaraan

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Sumber:

https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/uploads/lampiran/PANDUAN%20GSI%20TAHUN%202022_compressed.pdf 

Scroll to Top