Empat Tahap Mewujudkan Sekolah Sehat dalam Kerangka UKS

Sobat SMP, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Satuan Pendidikan adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan peserta didik. UKS bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis peserta didik. Salah satu kegiatan pembinaan dan pengembangan UKS adalah Program sekolah Sehat.

Program Sekolah Sehat merupakan wujud konkrit dari pelaksanaan trias UKS dan manajemen UKS di setiap jenjang pendidikan. Sekolah Sehat penting dilaksanakan di satuan pendidikan sebagai upaya pembiasaan hidup bersih dan sehat sekaligus sebagai upaya untuk mencapai  strata paripurna. Selain itu, Sekolah Sehat juga merupakan langkah untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip Sekolah Sehat dalam kerangka UKS. Terdapat beberapa tahapan pembinaan dalam menjalankan program Sekolah Sehat. Apa saja itu? Yuk, simak penjelasan di bawah ini. 

1. Persiapan

Tahap persiapan terdiri dari tiga subtahapan yaitu advokasi, asesmen, dan orientasi. Langkah advokasi diperlukan sebagai Upaya memengaruhi dan memotivasi para pengambil kebijakan dalam penerapan Sekolah Sehat. Sedangkan asesmen juga perlu dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang kondisi kesehatan sekolah dan peserta didik. Setelah melakukan langkah advokasi dan asesmen, maka langkah terakhir adalah melakukan orientasi yang bersifat pengenalan atau pelatihan manajemen dan pelaksanaan kegiatan Sekolah Sehat.

2. Pelaksanaan 

Setelah melaksanakan persiapan, maka satuan pendidikan dapat memulai tahap pelaksanaan. Dalam tahap pelaksanaan terdapat tiga pokok kegiatan, yaitu pelayanan kesehatan, pembinaan lingkungan sehat, serta manajemen lingkungan sehat. Kegiatan pendidikan kesehatan antara lain literasi kesehatan, pendidikan gizi, kebersihan diri, pembiasaan aktivitas fisik, dan lain-lain.  Pelayanan kesehatan antara lain kegiatan imunisasi, pemeriksaan kesehatan, pemberian suplemen dan obat, serta konseling. Sedangkan pembinaan lingkungan sehat dapat dilakukan melalui kegiatan seperti pengelolaan sanitasi sekolah, pemberantasan sarang nyamuk, dan pembinaan kantin. 

3. Monitoring & Evaluasi

Baca Juga  Melihat Kepramukaan dari Sisi Pendidikan, Metode, dan Gerakan

Tahap monitoring dan evaluasi juga penting dilaksanakan untuk menganalisis pelaksanaan dan capaian rangkaian program yang sudah berjalan. Monitoring dan evaluasi juga berfungsi untuk mengetahui sejauh mana kegiatan Trias UKS/M dilaksanakan serta mengetahui permasalahan, solusi dan rencana tindak lanjut untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelaksanaan Sekolah Sehat. 

4. Rencana Tindak Lanjut

Untuk meningkatkan capaian program, satuan pendidikan perlu membuat rencana tindak lanjut oleh Tim Pembina UKS berupa replikasi Sekolah Sehat di sekolah lain serta membuat tindak lanjut berupa pelaksanaan kegiatan prioritas yang belum terlaksana.

Nah, itulah dia empat tahap untuk mewujudkan Sekolah Sehat dalam kerangka UKS. Sobat SMP juga bisa mendapatkan informasi terkait manajemen UKS mengunduh buku “Pedoman Usaha Kesehatan Sekolah” terbitan Direktorat Sekolah Menengah Pertama pada tautan berikut ini

 

Referensi: 

Bahan Paparan Materi “Sekolah Sehat dalam Kerangka UKS” disampaikan pada (7/6/22)

https://docs.google.com/presentation/d/1w51KNws5VmWrwNlSFTZipbRZe-fKDfpt/edit?rtpof=true

Scroll to Top