FLS2N 2021 Jenjang SMP Dilaksanakan Secara Daring

Dilihat 17,884 pengunjung

Halo Sobat SMP! Tentu kalian tidak asing dengan Festival Lomba Seni Siswa Nasional atau yang lebih dikenal dengan FLS2N. Perhelatan di bidang karya dan seni tersebut akan dilaksanakan secara daring (online) untuk jenjang SMP. Seperti apa detail pelaksanaannya? Simak tulisan ini sampai habis ya!

Sesuai dengan namanya, FLS2N adalah festival dan juga perlombaan di bidang seni yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). FLS2N merupakan bagian dari pengembangan talenta seni untuk para peserta didik di seluruh Indonesia.

Saat ini kita masih berjuang melawan pandemi COVID-19. Melihat masih maraknya penyebaran kasus COVID-19, pelaksanaan FLS2N menyesuaikan dengan kondisi yang sedang terjadi. Maka dari itu, FLS2N di tahun 2021 diselenggarakan secara daring untuk melindungi peserta didik dan juga perangkat pendidikan lainnya. Tema FL2SN yang diangkat pada tahun ini pun adalah “Eksplorasi Talenta Seni dan Budaya pada Masa Pandemi untuk Indonesia Pulih”

Mekanisme seleksi FLS2N terbagi menjadi empat tahap. Pertama, seleksi dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan untuk memilih peserta atau grup yang akan ikut diperlombakan.

Setelah itu, barulah seleksi di tingkat kabupaten/ kota yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan daerah masing-masing. Dinas pendidikan memilih 3 peserta atau grup yang akan dikirimkan ke babak penyisihan tingkat provinsi.

Pada babak penyisihan tingkat provinsi, seleksi dilakukan oleh Pusat Prestasi Nasional. Peserta atau grup yang meraih peringkat satu di babak penyisihan akan melenggang ke seleksi tingkat nasional.

Di tingkat nasional, peserta atau grup adalah peraih peringkat satu di tingkat provinsi. Puspresnas akan menetapkan juara 1, 2, 3 dan juara harapan 1, 2, 3 nasional untuk lomba, serta 10 penyaji terbaik tanpa peringkat dan penghargaan kategori khusus untuk festival, serta kategori lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing cabang lomba.

FLS2N pada jenjang SMP memperlombakan 5 cabang lomba. Ada pun cabang perlombaan dan jumlah pesertanya sebagai berikut:

  • Festival Kreativitas Tari (5 orang)
  • Festival Kreativitas Musik Tradisional (5 orang)
  • Lomba Gitar Duet (2 orang)
  • Lomba Menyanyi Solo (1 orang) 
  • Lomba Desain Poster (1 orang)

Jadi, itulah informasi terkait FLS2N di jenjang SMP. Untuk mengetahui informasi detailnya, Sobat SMP dapat mengunduh panduan FLS2N di bawah ini. Yuk tunjukan prestasimu dan buat bangga sekolahmu!

 

Baca Juga  Refleksi Akhir Tahun 2020: Banyak Tantangan Bukanlah Halangan

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Panduan Teknis FLS2N 2021 Secara Daring Bidang Dikdas terbitan Puspresnas

Scroll to Top