Cara Membuat Kuis dan Ulangan Menggunakan Google Form

Hadirnya pandemi Covid-19 di Tanah Air tidak melulu membawa dampak negatif. Ada pula sisi positif dari terjangan badai virus ini, salah satunya adalah pemanfaatan teknologi digital yang kini mulai dipakai berbagai sektor, pendidikan misalnya.

Sejak awal pandemi terjadi, kebijakan pembelajaran yang dilakukan dari rumah dipilih untuk menekan penyebaran virus dan tentunya demi menjaga keselamatan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. Keadaan memaksa pembelajaran harus tetap diselenggarakan secara daring. Hal ini pun membuat ide-ide pembelajaran kreatif muncul satu per satu. 

Kali ini, Direktorat SMP akan memberikan edukasi mengenai pemanfaatan aplikasi teknologi digital untuk pembelajaran. Mungkin sudah banyak yang mengetahui mengenai beragam fitur Google dengan segudang manfaat. Salah satu fitur tersebut adalah Google Form.

Google Form adalah sebuah aplikasi berbasiskan situs yang memungkikan penggunanya untuk membuat survei yang bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan. Jadi, pengguna bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari audiens yang mengikuti survei.

Tidak hanya itu, tenaga pendidik juga bisa memanfaatkan Google Form ini untuk membuat kuis dan juga ulangan bagi para anak didiknya. Seperti apa cara menggunakan Google Form ini? Yuk kita simak artikel berikut!

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh pengguna adalah membuka Google Drive. Setelah itu, klik ikon titik sembilan di bagian kanan atas. Pilihlah Google Form dan klik ikon “+” untuk membuat formulir baru.

Klik ikon Forms

Sebuah formulir akan terbentuk dengan tampilan seperti gambar di bawah ini. Pengguna dapat memberikan judul formulir sesuai dengan keinginannya, misal “Ulangan Harian Kelas 7-A”.

Agar formulir bisa berbentuk kuis dan ulangan, klik tombol setting di bagian kanan atas dan buka menu Quizzes. Setelah itu, pengguna mengklik “Make this a quiz”. Terdapat juga pilihan agar responden dapat melihat jawaban benar atau salah.

Klik “Make this a quiz”

Membuat pertanyaan pilihan ganda

Langkah selanjutnya adalah membuat pertanyaan berbentuk pilihan ganda dengan cara mengubah pertanyaan sebagai multiple choice. Isi kolom “untitled question” dengan pertanyaan yang akan diajukan. Lalu, tambahkan beberapa pilihan jawaban. Jangan lupa untuk mengisi “answer key” untuk menentukan pilihan jawaban yang benar. Berikan juga besaran poin untuk soal tersebut.

Model soal pilihan ganda

Membuat pertanyaan dengan jawaban singkat

Baca Juga  Tunjang Proses Pembelajaran, Direktorat SMP Berikan Bantuan Peralatan TIK

Selain pilihan ganda, Google Form juga menyediakan opsi untuk membuat pertanyaan dengan isian jawaban singkat. Caranya adalah dengan mengklik tombol add question dengan ikon (+) di sisi kanan pertanyaan.

Selanjutnya, isi kolom pertanyaan dengan soal isian singkat yang hendak diberikan. Ubah jenis soal menjadi “short answer” agar pesertanya dapat menulis jawaban singkat atas pertanyaan yang diajukan.

Model soal isian singkat

Membuat pertanyaan dengan lebih dari satu jawaban

Model pertanyaan lain yang dapat dibuat adalah pertanyaan dengan lebih dari satu jawaban. Caranya tambahkan kembali pertanyaan dan tulis pertanyaan yang akan diajukan. Lalu, pada jenis soal ubahlah menjadi Checkboxes.

Isi kolom question dengan perintah soal. Sebagai contoh, “perhatikan beberapa peralatan berikut!”. Tambahkan gambar dengan mengklik tombol di sebelah kolom question dan unggah ke dalam soal.

Selanjutnya, berikan keterangan gambar dengan mengklik ikon titik tiga di sebelah kiri gambar. Masukkan beberapa pilihan jawaban yang benar. Jangan lupa untuk mengisi kunci jawaban. Di sini, pengguna dapat memilih lebih dari satu jawaban yang benar.

Model soal pertanyaan lebih dari satu jawaban

Setelah seluruh pertanyaan berhasil dibuat, kini saatnya membagikannya. Klik tombol “Send” yang berada di bagian kanan atas dan pilih link untuk membagikannya. Jangan lupa untuk memilih “shorten url” agar tautan yang diberikan tidak terlalu panjang. Terakhir, copy tautan formulir dan bagikan  formulir kepada para peserta didik yang akan mengikuti kuis atau ulangan ini.

Bagikan tautan formulir soal kepada peserta didik

Jadi, itulah tadi cara membuat kuis dan ulangan menggunakan Google Form. Alternatif ini dapat dilakukan jika para tenaga pendidik belum bisa memberikan kuis dan ulangan secara tatap muka.

Untuk informasi lebih lengkapnya, silakan tonton video tutorial Pemanfaatan Google Form unggahan Direktorat SMP di kanal YouTube kami dengan mengklik video di bawah ini. Semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=-AphS7iIbD0

Scroll to Top