Belajar Mengulas Karya dengan Teks Ulasan

Halo, Sobat SMP! Apakah kamu suka menonton film ataupun membaca buku? Mungkin beberapa di antara kamu akan melihat ulasan terlebih dulu sebelum membeli sebuah buku atau menonton film. Ulasan tersebut tentunya akan membantu meyakinkan kita dalam membeli buku atau menonton film. Jika ulasannya bagus, mungkin kita akan membelinya. Namun, apabila ulasannya tidak terlalu bagus…hmm?

Nah Sobat SMP, pada kesempatan kali ini akan mengenal lebih dekat tentang teks ulasan. Teks ulasan adalah teks yang mengupas, menafsirkan, atau mengomentari sebuah karya fiksi dan nonfiksi yang dimuat pada koran/majalah, ditonton di TV/YouTube, dan dipublikasikan di website (laman). Teks ulasan juga sering disebut resensi/reviu.

Teks ulasan bertujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai mengenai standar kelayakan dan kepatutan suatu karya. Selain itu, membantu para pembaca agar dapat mengetahui gambaran dan juga kritikan dari sebuah karya. Namun, hal yang perlu diingat adalah teks ulasan tidak selalu mengenai kritikan. Harus disebutkan juga kelebihan-kelebihan yang terdapat pada karya tersebut.

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, untuk jenis karya yang diulas terbagi dalam karya fiksi dan juga nonfiksi. Karya fiksi yang diulas bisa berupa drama, puisi, cerpen, novel, dan sebagainya. Sementara itu, karya yang termasuk nonfiksi adalah buku biografi, otobiografi, buku mata pelajaran, buku ilmiah, dan sebagainya.

Teks ulasan sendiri cukup mudah dikenali karena memiliki ciri-ciri khusus. Ciri-ciri dari teks ulasan biasanya memiliki struktur khas seperti bagian orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Informasi yang ada di dalamnya tergolong subjektif atau berdasarkan opini penulis, namun opininya tetap berdasarkan fakta.

Sobat SMP bisa belajar untuk menulis teks ulasan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Mengidentifikasi karya
Baca Juga  Mengulik Manfaat Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Pertama, sebagai penulis teks ulasan harus mencatat identitas buku atau karya yang akan diulas, yang meliputi judul, penulis, nama penerbit, tahun terbit, termasuk ketebalan. Kalau perlu termasuk harga buku. Begitu juga dengan karya lainnya.

  • Mencatat hal-hal menarik dan penting

Ini adalah bagian yang cukup penting. Cobalah untuk mencari hal-hal yang menarik dan juga penting di dalam buku, film, atau yang lainnya. Entah dari sisi karakter fiksi, alur ceritanya, sinematografi, gaya bahasa, dan sebagainya.

  • Menelaah kelebihan dan kelemahan

Setiap karya, baik buku, film, atau yang lainnya, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Di sini penulis harus bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari karya tersebut. Namun harus diingat kelebihan dan kekurangan yang ditulis harus dengan sesuai fakta yang ada (tidak mengada-ada).

  • Merumuskan kesimpulan

Setelah menjelaskan hal menarik, kelebihan, dan kelemahan dari karya tersebut, langkah selanjutnya adalah merumuskan kesimpulan. Penulis perlu menarik kesimpulan tentang isi dan kesan-kesan buku tersebut secara keseluruhan.

  • Membuat saran untuk pembaca

Terakhir, penulis bisa memberikan saran bagi pembacanya dalam berbagai aspek. Misalnya saja saran untuk membaca/melihat karya sebelumnya agar memahami isi cerita, saran target pasar dari karya tersebut, saran referensi untuk hal tertentu, dan sebagainya.

Itulah tadi beberapa hal tentang teks ulasan yang bisa Sobat SMP pahami. Kalian bisa mempelajari teks ulasan lebih lanjut dengan membaca modul SMP Terbuka Bahasa Indonesia. Di sana teks ulasan dibahas lebih mendalam dan bisa menjadi referensi bagi Sobat SMP. Modul tersebut dapat diunduh secara gratis di situs resmi Direktorat SMP. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi:

Modul SMP Terbuka Bahasa Indonesia Kelas VIII

Scroll to Top