Hari Puisi Nasional: Mengenang Wafatnya Legenda Penyair Chairil Anwar

Dilihat 1,016 pengunjung

Setiap tanggal 28 April selalu diperingati sebagai Hari Puisi Nasional. Tahukah Sobat SMP mengenai peringatan ini? Lalu, apakah Sobat SMP juga mengetahui latar belakang dari Hari Puisi Nasional? Yuk simak artikel ini untuk lebih jelasnya!

Hari Puisi Nasional dirayakan bertepatan dengan peringatan hari wafatnya salah satu legenda penyair terkemuka asal Indonesia, Chairil Anwar. Beliau adalah seorang penyair yang telah melahirkan 96 karya, termasuk 70 puisi. Berkat dedikasinya di bidang sastra, Chairil Anwar dinobatkan sebagai pelopor Angkatan 45.

Kiprah Chairil Anwar memang telah mewarnai dunia sastra di Indonesia. Banyak sekali karya-karyanya yang sangat terkenal. Puisi bertema perjuangan karya Chairil Anwar seperti “Aku”, “Karawang-Bekasi”, dan “Diponegoro”. Untuk tema percintaan dan renungan, beberapa yang terkenal adalah “Senja di Pelabuhan kecil”, “Doa”, serta “Selamat Tinggal”.

Berikut salah satu puisi Chairil Anwar yang berjudul “Aku”:

 

Aku

Kalau sampai waktuku 

Ku mau tak seorang kan merayu 

Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang 

Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku 

Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari 

Berlari Hingga hilang pedih perih

Dan akan lebih tidak peduli 

Aku mau hidup seribu tahun lagi

 

Baca Juga  Informasi Program: Pembinaan dan Pengembangan UKS

Sudah banyak orang yang menulis dan mengupas tentang Chairil Anwar dalam perkembangan sastra Indonesia. Melalui kepribadian dan puisinya, Chairil Anwar telah berjasa dalam pembaharuan puisi di Indonesia.

Selamat Hari Puisi Nasional Sobat SMP! Semoga puisi bisa tetap menjadi media bagi siapapun untuk menyalurkan hasrat dalam berkarya sastra. 

Untuk menambah referensi Sobat SMP tentang puisi, Direktorat SMP juga memiliki modul SMP Terbuka mata pelajaran Bahasa Indonesia yang bertema Puisi Rakyat. Modul tersebut bisa diunduh secara gratis di situs resmi Direktorat SMP.

 

Referensi: http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Chairil_Anwar

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top