Direktorat SMP Gelar Webinar Generasi Milenial Berkarakter Pancasila Dalam Rangka Pengembangan dan Penguatan Karakter

Dilihat 826 pengunjung

Dalam rangka pengembangan dan penguatan pendidikan karakter menuju Pelajar Pancasila, Direktorat SMP menggelar webinar bertajuk “Generasi Milenial Berkarakter Pancasila” pada Rabu (7/4) pagi.

Webinar Generasi Milenial Berkarakter Pancasila menghadirkan Direktur Sekolah Menengah Pertama Mulyatsyah sebagai keynote speaker. Selain itu, terdapat juga berbagai narasumber seperti Asintel Kasdam Jaya Kolonel Infanteri Putra Widyawinaya dan juga praktisi kesehatan dr. Kardiana Dewi, Sp.KK.

Acara dibuka oleh Direktur SMP Mulyatsyah yang membahas mengenai bagaimana cara menciptakan satuan pendidikan yang bebas dari intoleransi, kekerasan, dan juga narkoba. Menurut Mulyatsyah, satuan pendidikan berperan turut ambil andil dalam pembentukan karakter peserta didik.

“Satuan Pendidikan sebagai rumah kedua bagi peserta didik merupakan perpanjangan tangan dari keluarga dalam mendukung dan berperan dalam pembentukan karakter peserta didik,” ujar Mulyatsyah.

Kolonel Putra Widyawinaya membawakan materi intoleransi dan juga radikalisme di lingkungan sekolah. Menurut Putra, keberagaman sering menjadi penyebab terjadinya gesekan-gesekan. Perbedaan paham tersebut dapat berimbas munculnya sikap intoleransi. Oleh karena itu, diperlukan langkah upaya menangkal intoleransi dan juga radikalisme.

“Dalam satu sekolah, dalam satu kelas, pasti kita berbeda baik secara agama, jenis kelamin, dan status sosial. Nah itu semua harus kita terima. Kalau kita sudah bisa menerima perbedaan-perbedaan tersebut maka tindakan intoleransi di sekolah bisa dihilangkan,” tegas Putra.

Pemateri selanjutnya adalah Kardiana Purnama Dewi, seorang praktisi kesehatan dan juga Dosen FK Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Dokter Dewi memaparkan materi mengenai prestasi hebat tanpa narkoba.

Dokter Dewi menjelaskan bahwa orang tua dan juga siswa harus menyadari ancaman bahaya narkoba yang mengintai. Jangan sampai anak terpapar narkoba karena bisa menimbulkan dampak negatif kepada fisik, psikologis, hingga masa depan peserta didik.

“Jangan sampai kamu gunakan narkoba. Sayangi tubuhmu karena seumur hidup itu satu-satunya tempat tinggalmu. Kamu bisa jadi hebat tanpa narkoba!” pungkas dr. Dewi.

Acara webinar ini dihadiri oleh kepala bidang yang menangani SMP, ketua MKKS SMP, ketua MGMP SMP Bidang Studi PPKN, peserta didik jenjang SMP, perwakilan LPMP di 34 Provinsi dan BP PAUD di 34 Provinsi melalui aplikasi meeting online.

Diharapkan para pemangku kebijakan yang diundang dapat memahami dan meneruskan informasi penting yang telah disampaikan di dalam webinar kepada pihak-pihak terkait seperti sekolah dan para siswa.

Mega Hapsari selaku Koordinator Bidang Peserta Didik Direktorat SMP juga mengharapkan para peserta didik yang mengikuti webinar ini bisa menjadi agen perubahan dan representasi dari Pelajar Pancasila yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai Pancasila.

“Harapannya secara tidak langsung mereka bisa menjadi agen perubahan di sekolahnya dan memengaruhi teman-teman lainnya,” ujar Mega.

Pada intinya, bersama-sama dengan perangkat sekolah, pelajar Pancasila menciptakan lingkungan sekolah menjadi rumah kedua yang bebas dari radikalisme, intoleransi, kekerasan dan narkoba.

 

Baca Juga  Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Antisipasi Tindakan Kekerasan Peserta Didik SMP

Referensi: Webinar Generasi Milenial Berkarakter Pancasila 7 April 2021

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top