Belajar Demokrasi Lewat Organisasi OSIS

Dilihat 4,367 pengunjung

Halo, Sobat SMP! Semenjak memasuki sekolah menengah pertama (SMP), mungkin Sobat SMP pernah bertanya-tanya tentang logo yang terdapat di dada seragam sekolah kalian. Logo dengan gambar tangan terbuka, buku, bunga segilima, dan tulisan “OSIS” ini bukan hanya sekadar gambar belaka loh! Yuk simak artikel selengkapnya! 

Seperti yang sudah sempat disinggung tadi, gambar tersebut adalah logo OSIS. Apa itu OSIS? OSIS merupakan singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah, sebuah organisasi siswa resmi yang terdapat di sekolah. Organisasi ini berperan menjadi “penggerak” sekaligus menggerakkan siswa untuk turut aktif serta berkontribusi bagi sekolahnya.

Setiap organisasi tentu memiliki fungsi dan perannya masing-masing. Nah, OSIS sendiri juga mempunyai beberapa fungsi, yaitu sebagai wadah organisasi siswa di sekolah, sebagai penggerak atau motivator, dan juga sebagai sarana pembinaan siswa dalam meningkatkan softskill.

Siapa saja yang boleh ikut OSIS?

Pada dasarnya, seluruh siswa di sekolah adalah anggota dari OSIS. Meskipun demikian, OSIS terbagi ke dalam beberapa perangkat. Perangkat OSIS ialah pembina OSIS, perwakilan kelas atau MPK (Majelis Perwakilan Kelas), dan juga pengurus OSIS.

Pembina OSIS terdiri atas kepala sekolah sebagai ketua, wakil kepala sekolah sebagai wakil ketua, dan guru sebagai anggota. Sedikitnya lima orang guru yang menjadi anggota dan bergantian setiap tahun pelajaran.

Untuk perwakilan kelas atau yang sering disebut MPK, biasanya anggotanya terdiri dari dua orang siswa perwakilan kelasnya. MPK ini bertugas sebagai lembaga legislatif atau pengawas jalannya kepengurusan OSIS di sekolah.

Nah, bagian kepengurusan OSIS ialah bagian yang cukup penting. Oleh karena itu, kepengurusan umumnya dipilih melalui seleksi yang ketat. Struktur kepengurusan OSIS terdiri dari ketua OSIS, sekretaris, ketua seksi, dan juga anggota setiap seksinya. Biasanya terdapat sepuluh seksi bidang dalam kepengurusan OSIS. Seluruh seksi bidang ini telah ditetapkan oleh pemerintah.

Apa manfaat yang didapat dari mengikuti OSIS?

Setelah mengetahui kalau semua siswa boleh mengikuti OSIS, sekarang Sobat SMP sudah tertarik untuk menjadi bagian dari OSIS? Ada banyak manfaat yang bisa Sobat SMP dapat apabila bergabung dengan OSIS.

Yang pertama, OSIS bisa menjadi wadah bagi kalian yang mau belajar demokrasi dan organisasi. Di dalam organisasi, kalian akan akrab dengan musyawarah dan demokrasi. Begitu pula di dalam OSIS, setiap keputusan harus diambil berdasarkan mufakat bersama.

Di organisasi ini, kalian juga dapat belajar cara memimpin dan tanggung jawab. Pembelajaran leadership yang paling dasar adalah memimpin diri sendiri. Setelah bergabung dengan OSIS kalian pun akan belajar mengenai tanggung jawab, seperti tanggung jawab terhadap organisasi, sekolah, ataupun diri sendiri.

Selain itu, OSIS juga bisa menjadi sarana untuk menambah teman dan relasi. Kalian dapat bertemu teman-teman dari kelas lain. Jadi, ruang lingkup dan relasi kalian akan semakin luas, tidak hanya terbatas pada teman kelas.

Apakah Sobat SMP tertarik bergabung dengan kepengurusan OSIS? Yuk, berperan aktif dalam organisasi OSIS!

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top