Menilik 4 Sosok Perempuan Inspiratif Indonesia

Dilihat 1,116 pengunjung

Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh tanggal 21 April, semangat R.A Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan untuk mencapai kesetaraan gender harus terus diabadikan. Hal ini dapat terlihat dari banyak munculnya figur perempuan berprestasi nan inspiratif di tanah air. Sosok-sosok perempuan tersebut tentunya dapat menjadi teladan baik yang patut dicontoh oleh Sobat SMP. Yuk, simak 4 (empat) sosok menteri perempuan berprestasi di Indonesia.

1. Sri Mulyani

Apakah Sobat SMP sudah pernah mendengar nama Sri Mulyani? Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D  adalah Menteri Keuangan Republik Indonesia yang dilantik  23 Oktober 2019 oleh Presiden Joko Widodo. Sebelumnya Beliau juga telah menduduki posisi yang sama di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sri Mulyani menorehkan banyak prestasi yang diakui oleh dunia internasional, antara lain dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia oleh Emerging Markets Forum tahun 2006, terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008, serta terpilih menjadi “Best Minister in the World” pada World Government Summit di Dubai tahun 2018.

2. Tri Rismaharini

Perempuan bernama lengkap Dr.(H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M.T ini, merupakan salah satu sosok perempuan Indonesia yang cukup dikenal luas oleh masyarakat karena berhasil menjadi Walikota perempuan pertama di Surabaya periode 17 Februari 2016 – 23 Desember 2020. Bahkan pada 23 Desember 2020 lalu, Beliau ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial. Beliau juga dianugerahi gelar kehormatan Honoris Causa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) yang merupakan kampus almamaternya. Nama Risma juga pernah masuk dalam daftar 50 tokoh berpengaruh di dunia versi majalah Fortune.

3. Siti Nurbaya Bakar

Baca Juga  Direktorat SMP Gelar Webinar Generasi Milenial Berkarakter Pancasila Dalam Rangka Pengembangan dan Penguatan Karakter

Menduduki jabatan sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia International, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. menyelesaikan pendidikan Doktor Ilmu Lingkungan di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada program studi Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, berkolaborasi dengan University of Siegen, Jerman.Beberapa prestasi internasional yang pernah diraih antara lain masuk dalam daftar “99 Most Powerful Women” dari Majalah Globe Asia tahun 2008, 2009, dan 2010, penghargaan sebagai Pengambil Keputusan Paling Responsif dari change.org, dan penghargaan dari International Giant Panda Global Award sebagai pembina konservasi global.

4. Retno Marsudi

Karier cemerlang sebagai Diplomat membawa perempuan bernama Retno Lestari Priansari Marsudi, S.I.P., LL.M menjadi Menteri Luar Negeri. Merampungkan pendidikan S2 di Hukum Uni Eropa di Haagse Hogeschool, Belanda, Beliau kemudian sempat menjadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Norwegia dan Republik Islandia pada tahun 2005 – 2008, serta Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda pada tahun 2012 – 2014. Sebagai Menteri Luar Negeri perempuan pertama di Indonesia, Retno pernah meraih penghargaan sebagai Agent of Change dari PBB untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan (UN Women) tahun 2017.

Keempat profil menteri perempuan di atas sangat menginspirasi, bukan? Sobat SMP tentunya juga dapat mengukir prestasi gemilang sesuai dengan bidang ketertarikan masing-masing, kok. Karena dengan menunjukkan prestasi diri, Sobat SMP secara tidak langsung juga turut meningkatkan harkat dan derajat perempuan Indonesia.

 

Referensi:

https://www.surabaya.go.id/id/page/0/37813/profil-walikota-surabaya

https://www.kemenkeu.go.id/profil/profil-pejabat/menteri-keuangan/

https://www.menlhk.go.id/site/post/102

https://kemlu.go.id/portal/id/struktur_organisasi/profil-menteri/menteri-luar-negeri

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top