Selamat Datang di Laman
POTRET SMP DALAM ANGKA
Tahun 2024

Website ini khusus menampilkan Statistik Pendidikan Jenjang SMP untuk masing-masing daerah. Data yang ditampilkan bersumber dari Data Dapodik per 23 Oktober 2024

Pengantar Direktur SMP

dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, Pemerintah telah melakukan berbagai upaya perbaikan diantaranya adalah perbaikan tata kelola penyelenggaraan pendidikan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota dan satuan pendidikan dengan diterbitkannya beberapa peraturan perundangan, antara lain:

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang didalamnya mengatur tentang manajemen berbasis sekolah;
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah menjadi Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013, dan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, dan terakhir Peraturan Pemerintah 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010.

Sehubungan dengan pengimplementasian nilai dari Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tersebut, Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah juga melakukan berbagai upaya diantaranya dengan menyusun buku elektronik Potret SMP dalam Angka 2024.
Penyusunan buku elektronik ini bertujuan memperkaya acuan data yang bisa digunakan dalam pengambilan kebijakan, dimana data-data yang dilampirkan di dalamnya bisa dijadikan sandaran untuk kebijakan yang dikeluarkan Direktorat SMP maupun stakeholder lain yang terkait dan membutuhkan data pendidikan.
Buku elektronik ini juga berperan penting sebagai tolak ukur keberhasilan, karena dengan data yang tersaji maka pertumbuhan keberhasilan dan kegagalan sebuah proses akan mudah terukur dengan baik, juga sebagai profil organisasi yang dikelola, dalam hal ini adalah satuan pendidikan.
Dengan diterbitkannya buku elektronik ini, diharapkan pihak-pihak terkait dengan penyelenggaraan program manajemen berbasis sekolah di semua tingkatan dapat memahami dan menyelenggarakan pendidikan dengan optimal, efektif, dan efisien sesuai dengan rambu-rambu yang ada dan otonomi masing-masing pihak sehingga dapat meningkatkan kualitas lulusan yaitu peserta didik. Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang secara langsung atau tidak langsung memberikan kontribusi dalam penyusunan buku elektronik ini. Semoga kontribusi dari berbagai pihak dapat bermanfaat bagi peningkatan kecerdasan kehidupan bangsa Indonesia.

Jakarta, November 2024
Direktur Sekolah Menengah Pertama,

ttd

Imran, S.Kom., M.T.

Tentang Potret SMP dalam Angka

"Potret SMP dalam Angka" merupakan sebuah laporan yang menyajikan data dan statistik mengenai kondisi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Indonesia. Melalui angka-angka tersebut, pembaca dapat memahami tantangan yang dihadapi oleh SMP, seperti kesenjangan dalam akses pendidikan, kualitas pengajaran, dan kondisi sarana prasarana. Selain itu, laporan ini juga memberikan wawasan tentang kebijakan yang perlu diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat ini.
Dengan menampilkan data yang komprehensif, "Potret SMP dalam Angka" diharapkan dapat menjadi sumber informasi yang berguna bagi para pemangku kepentingan, termasuk pendidik, pembuat kebijakan, dan masyarakat luas dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Pengumpulan Data Terpadu

Dapodik merupakan sistem yang digunakan untuk mengumpulkan data pendidikan secara terintegrasi di seluruh Indonesia. Sistem ini mencakup data siswa, guru, sekolah, dan fasilitas pendidikan, yang memungkinkan analisis komprehensif mengenai kondisi pendidikan.

Basis Pengambilan Keputusan

Data yang diperoleh dari Dapodik menjadi dasar bagi pengambilan keputusan dalam kebijakan pendidikan. Informasi ini digunakan oleh pemerintah untuk merencanakan dan mengalokasikan sumber daya, serta meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh tingkatan

Monitoring dan Evaluasi

Dapodik berfungsi sebagai alat untuk memantau dan mengevaluasi perkembangan pendidikan. Melalui analisis data, pihak terkait dapat mengidentifikasi masalah, mengevaluasi efektivitas program pendidikan, dan menentukan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan

Aksesibilitas dan Transparansi

Dapodik meningkatkan aksesibilitas data pendidikan bagi berbagai pemangku kepentingan, termasuk guru, orang tua, dan masyarakat umum. Dengan informasi yang transparan, semua pihak dapat berkontribusi dalam upaya perbaikan kualitas pendidikan dan pemantauan kinerja sekolah.

Glosarium

Dapodik

singkatan dari Data Pokok Pendidikan adalah sistem yang digunakan untuk mengumpulkan dan mengelola data pendidikan di Indonesia, termasuk data siswa, guru, sekolah, dan fasilitas.

Pelaporan Dapodik

Proses penyampaian data Dapodik kepada pihak berwenang, termasuk kementerian pendidikan dan lembaga terkait, untuk analisis dan perencanaan kebijakan.

Data Siswa

Informasi yang mencakup identitas, status kehadiran, prestasi, dan perkembangan akademik siswa yang terdaftar di sekolah

Data Guru

Informasi mengenai identitas guru, kualifikasi pendidikan, pengalaman mengajar, dan mata pelajaran yang diajarkan.

Data Sekolah

Informasi terkait dengan identitas dan karakteristik sekolah, termasuk nama, alamat, jenis, status, dan jumlah siswa serta guru.

Rombel (Rombongan Belajar)

adalah kelompok peserta didik yang terdaftar pada satuan kelas dalam satu satuan pendidikan, atau identik dengan banyaknya kelas dalam suatu sekolah.

Fasilitas Pendidikan

Data mengenai sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah, seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, dan alat bantu belajar.

Rasio Siswa-Guru

Perbandingan jumlah siswa dengan jumlah guru di suatu sekolah, yang dapat menjadi indikator kualitas pendidikan.