Unduh Gratis “Buku Saku Benahi Literasi Melalui Lingkungan Belajar”!

Halo, Sobat SMP! Dalam rangka memulihkan kondisi pendidikan di Tanah Air dari krisis pembelajaran yang terjadi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus melakukan upaya-upaya yang mendukung pemulihan pembelajaran. Misal pada beberapa waktu lalu Kemendikbudristek melakukan pencetakan serta pengiriman buku bacaan bermutu sekitar 500 judul untuk dikirimkan kepada sekolah yang prioritas untuk dibantu.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen) juga turut mendorong pemulihan pembelajaran dengan menerbitkan Buku Saku Benahi Literasi Melalui Lingkungan Belajar. Buku saku ini disusun guna menginspirasi satuan pendidikan dalam membuat perencanaan program yang berfokus pada peningkatan kompetensi literasi.

Di dalam buku saku ini, terdapat empat fokus utama “Benahi” lewat lingkungan belajar. Keempat hal tersebut adalah Menumbuhkan Minat Baca Siswa, Membangun Lingkungan Kaya Teks, Membangun Lingkungan Belajar yang Kaya Kegiatan Literasi, dan juga Membangun Kecakapan Berpikir melalui Aktivitas Membaca.

Satuan pendidikan dapat memanfaatkan buku saku ini mengingat Rapor Pendidikan 2.0 telah diluncurkan. Referensi dan inspirasi yang ada dalam buku saku ini diharapkan dapat memberikan inovasi bagi kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan dalam membuat berbagai aktivitas dan kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan literasi melalui lingkungan belajar. 

Sobat SMP bisa mendapatkan Buku Saku Benahi Literasi Melalui Lingkungan Belajar dengan mengunduh secara gratis di situs resmi Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Kemendikbudrsitek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk langsung unduh secara gratis pada tautan berikut ini! Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sobat SMP.

 

Baca Juga  Informasi Program: Pembinaan dan Pengembangan UKS

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Buku Saku Benahi Literasi Melalui Lingkungan Belajar terbitan Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen tahun 2023

Scroll to Top