Tip Berlatih Basket Secara Mandiri di Rumah

Halo, Sobat SMP! Siapa di sini yang suka bermain olahraga basket? Bola basket adalah salah satu olahraga paling populer di dunia. Penggemarnya yang berasal dari segala usia merasakan bahwa bola basket adalah olahraga yang menyenangkan, kompetitif, mendidik, menghibur, dan menyehatkan.

Agar semakin mahir dalam bermain bola basket, mungkin Sobat SMP memerlukan latihan-latihan tertentu. Latihan-latihan yang dilakukan harus dapat meningkatkan stamina dan juga mengasah teknik-teknik dasar dalam permainan bola basket. 

Meskipun umumnya latihan basket lebih efektif apabila dilakukan bersama pelatih dan juga teman, Sobat SMP juga bisa kok berlatih basket sendiri di rumah. Latihan mandiri juga berguna agar kita mengurangi kontak fisik dengan orang lain mengingat saat ini masih dalam masa pandemi dan juga banyak ancaman virus serta penyakit. Kira-kira seperti apa latihannya? Yuk simak artikel ini!

  • Latihan daya tahan

Daya tahan atau endurance adalah salah satu hal yang harus diperhatikan dalam permainan olahraga bola basket. Agar daya tahan tubuh bisa bagus, Sobat SMP dapat mencoba beberapa latihan, misalnya seperti jogging di sekitar rumah, bersepeda, ataupun berenang.

  • Latihan kekuatan

Kekuatan atau strength juga perlu diasah secara mandiri karena permainan bola basket memerlukan kontak badan. Latihannya bisa dibagi menjadi dua, yakni latihan upper body (tubuh bagian atas) dan juga lower body (tubuh bagian bawah). Untuk upper body, jenis latihan yang bisa dilakukan adalah push up, dipping, plank, dan juga back up. Tubuh bagian bawah dapat dilatih dengan gerakan squat, calf raises, wall sit, serta lunges.

  • Latihan kecepatan
Baca Juga  Penyelenggaraan Pramuka Penggalang Jenjang Sekolah Menengah Pertama Secara Virtual

Kecepatan sangat penting dalam olahraga bola basket karena permainan ini membutuhkan kecepatan dan mengubah arah dengan cepat. Sobat SMP bisa mengasah kecepatan dengan melakukan speed run, lari cepat dalam beberapa meter (10-20 meter). Latihan lainnya seperti slide speed, bisa dilakukan dengan cara ke samping beberapa meter atau slide mundur kanan dua kali, kiri dua kali.

  • Latihan power

Selain kecepatan, power atau daya ledak otot juga sangat penting karena rebound, speed dribble, dan jump shoot membutuhkan power. Latihan yang dapat dilakukan misalnya seperti jumping jack, skipping, jump, dan juga tuck jump.

  • Latihan teknik dasar

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah berlatih teknik dasar. Beberapa teknik dasar yang perlu dilatih adalah latihan dribble, passing, dan juga shooting. Untuk dribble, sobat SMP bisa berlatih lower dribble, high dribble, dan juga crossover dribble di tempat. Sedangkan untuk passing dan shooting, Sobat SMP dapat memanfaatkan tembok rumah untuk memantulkan tembakan bola.

Nah, itulah tadi beberapa latihan basket mandiri di rumah yang bisa Sobat SMP lakukan. Silakan mencoba sendiri di rumah selama masa pandemi seperti ini agar imun tetap terjaga dan teknik bermain basket tetap terlatih. Jika pandemi sudah berakhir, kamu menjadi semakin mahir bermain basket karena tetap berlatih di rumah selama masa pandemi. Semoga bermanfaat ya, Sobat SMP!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Buku NPK Ekstrakurikuler Basket Jenjang SMP terbitan Direktorat SMP tahun 2021

Scroll to Top