Tingkatkan Kompetensi Guru Lewat Aplikasi Merdeka Mengajar

Untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengembangkan platform bernama Merdeka Mengajar. Platform ini yang disiapkan oleh untuk membantu guru agar lebih mudah melakukan proses mengajar melalui berbagai fitur yang disediakan. 

Saat ini platform Merdeka Mengajar dapat digunakan oleh Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan. Platform Merdeka Mengajar berbasis Android dapat diunduh melalui Google Play Store dan dapat diakses dengan menggunakan akun Pembelajaran. Menu apa sajakah yang dapat dimanfaatkan oleh para guru melalui platform ini? Yuk, simak penjelasan berikut ini. 

1. Pelatihan Mandiri

Produk yang memuat berbagai materi pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pendidik. Materi dibuat singkat untuk memudahkan  guru dalam melakukan pelatihan mandiri, kapan pun dan dimana pun. Materi yang tersedia dirancang oleh para ahli sesuai dengan kebutuhan guru agar mudah diterapkan dan relevan dengan tantangan yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar. Pelatihan mandiri berbentuk video, kuis, dan penulisan refleksi. 

2. Video Inspirasi 

Menu video berisi kumpulan video inspiratif yang dibuat oleh Kemendikbudristek dan para ahli. Beragam video ini sudah dikurasi dan dapat digunakan sebagai referensi untuk meningkatkan kompetensi Guru sebagai tenaga pendidik. Melalui Video Inspirasi, Guru dapat menonton beragam video singkat yang dapat menjadi inspirasi untuk mengembangkan kompetensi, baik dalam aspek profesional maupun personal.  

3. Bukti Karya Saya 

Menu ini merupakan wadah dokumentasi karya yang menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah. Karya yang terdokumentasikan dalam menu ini juga dapat dibagikan ke rekan sejawat untuk saling belajar dan menginspirasi.

4. Asesmen Murid

Baca Juga  Komposisi Zat dalam Pola Makanan Bergizi dan Seimbang

Menu Asesmen Murid berisi kumpulan paket soal yang telah dipetakan berdasarkan fase dan mata pelajaran tertentu. Asesmen Murid ditujukan untuk membantu guru mendapatkan informasi dari tentang level kompetensi siswa dan penilaian kelas. Guru dapat membuat kelas lalu masukkan data-data murid pada kelas yang telah dibuat. Asesmen dapat dikirim ke kelas-kelas yang sudah dibuat. Guru juga dapat langsung memeriksa jawaban dan mendapatkan hasil asesmen sekaligus penilaian level siswa dan kelas.

5. Perangkat Ajar

Perangkat ajar merupakan berbagai materi pengajaran yang dapat digunakan guru untuk mendukung kegiatan belajar mengajarnya. Perangkat ajar dilengkapi dengan alur dan capaian pembelajaran, yang disusun sesuai domain dan fase tertentu. Perangkat ajar bisa berupa bahan ajar, modul ajar, modul proyek, atau buku teks. Melalui produk Perangkat Ajar, guru dapat dengan mudah menemukan inspirasi materi pengajaran sesuai dengan domain dan fase mengajar. Setiap perangkat ajar juga dilengkapi dengan alur dan capaian pembelajaran yang memudahkan guru dalam menavigasi proses pembelajaran.

Nah, itulah fitur-fitur utama yang dapat dieksplorasi dan dimanfaatkan oleh para guru di platform Merdeka Mengajar. Sangat menarik bukan, Sobat SMP? Yuk, manfaatkan platform Merdeka Mengajar untuk terus mengasah kemampuan diri.

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: 

https://penggerak-simpkb.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/portal-programsekolahpenggerak/wp-content/uploads/2021/11/30172653/WIP-User-Manual_Belajar-V.3-1.pd

Scroll to Top