Terapkan Protokol Pencegahan Polusi Udara 6M 1S

Apakah Sobat SMP pernah mencermati warna langit di kota Jakarta beberapa waktu ke belakang? Apakah ada perbedaan yang Sobat SMP lihat atau rasakan? Ya, polusi udara telah menjadi telah menjadi permasalahan besar dan sangat dirasakan belakangan ini sehingga membuat langit di Kota Jakarta terlihat berwarna keabuan dan jarak pandang yang relatif lebih pendek. 

Polusi udara ini berasal dari kendaraan bermotor maupun asap yang ditimbulkan pabrik. Pada tanggal 22 Agustus 2023, pukul 12.00 WIB, Kota Jakarta menghadapi tingkat polusi udara sebesar 161 AQI, menempatkannya pada peringkat ketiga dari 100 kota dengan tingkat kualitas udara yang buruk.

Permasalahan polusi udara sangat perlu mendapatkan penanganan dan perhatian, mengingat dampak polusi udara dapat mempengaruhi kesehatan manusia serta memicu berbagai masalah kesehatan yang sangat serius.

Polusi udara menyumbang 15-30% pada penyakit paru. Dampak kesehatan lain yang bisa timbul karena paparan polusi udara adalah flek kulit dan serangan asma, iritasi dan peradangan mata, iritasi saluran nafas, gangguan kulit, risiko kanker paru-paru, serta berdampak pada pertumbuhan anak.

Karena itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada 28 Agustus 2023 telah merilis protokol kesehatan pencegahan polusi udara 6M dan 1S. Apa sajakah itu? Yuk, simak penjelasan berikut ini. 

  1. Memeriksa kualitas udara melalui aplikasi atau situs web
  2. Mengurangi aktivitas luar ruangan dan menutup ventilasi rumah/kantor/sekolah/tempat umum di saat polusi tinggi
  3. Menggunakan penjernih udara dalam ruangan
  4. Menghindari sumber polusi dan asap rokok
  5. Menggunakan masker saat polusi udara tinggi (disarankan menggunakan masker KF 94 atau KN 95)
  6. Melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
  7. Segera konsultasi daring/luring dengan tenaga kesehatan jika muncul keluhan pernapasan

Jadi ayo terapkan protokol 6M dan 1S agar Sobat SMP dapat terhindar dari bahaya polusi udara. Selain menerapkan 6M 1S, Sobat juga bisa mencoba menanam tanaman yang membantu menjernihkan udara seperti tanaman lili perdamaian (peace lily), aglonema, atau palem bambu di rumah. Selalu jaga kesehatan di mana pun beraktivitas, ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Baca Juga  Melihat Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di Lingkungan Kemendikbudristek

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Sumber:

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20230829/1543740/begini-upaya-sektor-kesehatan-tangani-polusi-udara/

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20230828/4143734/cegah-dampak-polusi-udara-dengan-6m-1s/

https://ayosehat.kemkes.go.id/penting-pahami-ancaman-polusi-udara-pada-kesehatan

https://ayosehat.kemkes.go.id/mengenal-bahaya-polusi-udara-untuk-tubuh

Scroll to Top