Telah Hadir Fitur Baru “Cek Akun Belajar.id”!

Halo, Sobat SMP! Beberapa waktu lalu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menghadirkan beberapa fitur baru pada Akun Belajar.id. Fitur baru ini dinamakan dengan “Cek Akun Belajar.id”. Di sini, para pengguna diberikan kemudahan dalam melakukan pengecekan data yang terdaftar pada Akun belajar.id serta memantau riwayat aktivitas pada akun milik Sobat SMP.

Namun, untuk mengakses fitur baru ini tidak semua jenis pengguna yang dapat melakukannya. Fitur ini hanya dapat diakses oleh pemilik Akun Belajar.id tipe peran Pendidik, Admin Sekolah, dan Peserta Didik di jenjang pendidikan anak di usia dini, pendidikan dasar, dan menengah yang telah diaktivasi. Lantas, fitur baru apa saja hal yang bisa dilakukan? Yuk simak artikel ini!

Data Pribadi

Pada kolom “Data Pribadi”, pengguna dapat melihat informasi terkait data pribadi yang terdaftar pada Akun Belajar.id seperti Nama, NPSN, Akun belajar.id, Email pribadi, Nomor handphone, dan Peran. Apabila ada data yang ingin diubah maka Sobat SMP dapat mengajukan perubahan data dengan menghubungi Operator Sekolah untuk memperbarui data di Dapodik.

Waktu Terakhir Data Diperbarui

Pada laman fitur, tertera tanggal dan waktu kapan terakhir data yang terlihat pada laman diperbarui. Hal ini merujuk pada kemungkinan adanya perbedaan data yang tertera dengan data yang ada di lapangan (misal, peran Sobat SMP di laman masih Guru atau Pendidik sedangkan di lapangan sudah berubah peran menjadi Admin Sekolah). Jangan khawatir, data yang tertera pada laman ini akan terus diperbarui secara rutin. Silakan memantau waktu perbaruan data pada laman fitur.

Aplikasi Terhubung

Baca Juga  Jaga Keamanan Data Akun Belajar.id dengan 5 Cara Ini

Selain kedua fitur di atas, fitur baru yang ditambahkan adalah melihat aplikasi yang terhubung pada Akun Belajar.id milik Sobat SMP. Kalian juga bisa mengklik tombol ‘Access App’ untuk langsung mengakses laman atau aplikasi.

Histori Akun

Fitur terakhir adalah Histori Akun. Fitur ini sangat bermanfaat untuk melihat riwayat aktivitas pada akun Sobat SMP secara detail dengan tanggal dan waktunya. Beberapa riwayat yang dapat di lihat antara lain riwayat perubahan domain atau peran, aktivitas menautkan dan menghapus Akun Belajar.id dari aplikasi, serta perubahan data pribadi kecuali email pribadi dan nomor handphone.

Itu dia beberapa fitur baru “Cek Akun Belajar.id” yang telah ditambahkan. Diharapkan dengan fitur ini Sobat SMP bisa lebih mudah dalam mengoperasikannya dan bisa lebih meningkatkan keamanan Akun Belajar. id kalian. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: https://pusatinformasi.belajar.id/hc/en-us/articles/16345737015833-Pengenalan-Fitur-Cek-Akun-belajar-id-

Scroll to Top