SMPN 19 Jakarta Perkuat Profil Pelajar Pancasila Lewat Kegiatan Kokurikuler Berbentuk Pameran Virtual Kelembagaan

Untuk memperkuat karakter Profil Pelajar Pancasila, SMPN 19 Jakarta menyelenggarakan kegiatan kokurikuler Bertajuk Pameran Virtual Kelembagaan Pemerintah RI Menuju Indonesia Emas Sebagai Aktualisasi Profil Pelajar Pancasila. Acara yang dilaksanakan secara semi-daring ini berlangsung selama lima hari mulai dari 13-17 Desember 2021.

Dalam pembukaan yang dilakukan secara luring pada Senin (13/12), Kepala Sekolah SMPN 19 Jakarta Faridah mengatakan bahwa kegiatan kokurikuler berbentuk pameran ini dilaksanakan dalam rangka mengawali pembelajaran di era baru, mengobati learning loss, serta mengisi waktu luang peserta didik usai ujian akhir semester gasal.

“Acara Ini adalah salah satu bentuk pembelajaran kokurikuler. Selama ini kegiatan kokurikuler belum begitu familiar. Oleh karena itu, kegiatan kokurikuler ini dijalankan untuk mengawali pembelajaran di era baru dan untuk mengobati learning loss yang selama ini banyak terjadi saat PJJ. Pameran virtual ini juga bisa sekaligus mengisi waktu luang peserta didik setelah ujian akhir semester gasal,” ujar Faridah.

Faridah juga menambahkan, kegiatan kokurikuler dalam pembelajaran era baru adalah sebuah fasilitasi untuk mengaktualisasikan pembelajaran secara holistik, baik, dan utuh sesuai dengan proses perkembangan kejiwaan para peserta didik.

Ketua Panitia Pameran Virtual Nina Lestari menjelaskan tujuan dari digelarnya kegiatan kokurikuler ini adalah untuk memberikan pengalaman belajar dalam konteks yang lebih nyata serta mengembangkan berbagai keterampilan dari peserta didik.

“Tujuannya tentu saja memberikan pengalaman belajar pada konteks yang lebih nyata, meningkatkan semangat dalam menyikapi isu-isu global, mengembangkan kreativitas, keterampilan sosial, dan kepimpimpinan, mengembangkan pola berpikir kritis dan analisis, mengembangakan kompetensi literasi dan numerasi, serta melatih keterampilan komunikasi dan kolaborasi,” jelas Nina.

Kegiatan kokurikuler dilaksanakan dalam bentuk pembuatan video bertemakan lembaga-lembaga pemerintahan di Indonesia. Masing-masing kelas diminta membuat  video kelembagaan dalam kemasan yang sekreatif mungkin. Berbagai video yang dibuat seperti vlog, wawancara, atau video kreatif lainnya. 

Total ada 30 video yang berasal dari 30 kelas. Nantinya, video-video tersebut akan ditayangkan secara virtual melalui akun YouTube SMPN 19 Jakarta. Setiap harinya diunggah 6 video selama periode 13-17 Desember 2021. 

Diharapkan kegiatan kokurikuler dalam bentuk pameran virtual ini dapat menjadi wadah apresiasi bagi peserta didik dalam aktualisasi diri dan pengalaman nilai-nilai karakter yang tertuang dalam Profil Pelajar Pancasila.

 

Baca Juga  SMP 4 Pakem Juari LCC IPS SMP/MTS Nasional

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Pembukaan Pameran Virtual Kelembagaan Pemerintah RI Menuju Indonesia Emas Sebagai Aktualisasi Profil Pelajar Pancasila di SMPN 19 Jakarta pada 13 Desember 2021.

Scroll to Top