Siniar Dialog Sobat SMP Episode Pelaksanaan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 : “Antara Optimisme dan Realitas”

Pandemi COVID-19 di Indonesia telah berlangsung satu tahun lebih. Salah satu dampak yang terjadi di bidang pendidikan adalah diharuskannya melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk meminimalisasi penyebaran kasus COVID-19 sekaligus melindungi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

Menjelang tahun ajaran baru 2021/ 2022, pemerintah mulai mencanangkan kebijakan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi dampak sosial negatif akibat pandemi.

Segala cara telah dilakukan untuk mendukung pelaksanaan PTM terbatas mulai dari vaksinasi, protokol pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi, hingga kelengkapan sarana dan prasarana pendukung.

Namun, terjadinya lonjakan kasus COVID-19 yang memaksa pemberlakuan PPKM di berbagai daerah cukup menekan rasa optimisme akan pelaksanaan PTM terbatas. Optimisme yang kuat tampaknya belum bisa mengalahkan realita yang terjadi di lapangan.

Melihat polemik ini, Direktorat SMP kembali mengadakan siniar yang bertajuk Pelaksanaan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Siniar dilakukan dengan semi-virtual di mana pembawa acara melaksanakan syuting di studio, sedangkan narasumber hadir secara virtual melalui aplikasi pertemuan daring.

Siniar kali ini dibawakan oleh Elly Wismayanti selaku Sekretaris Bidang Penilaian Direktorat SMP. Untuk melihat realita yang terjadi di lapangan, narasumber yang dihadirkan adalah Koordinator Bidang Penilaian Direktorat SMP Dra. Ninik Purwaning Setyorini, M. A, Kepala Sekolah SMPN 1 Pandak Bantul Yogyakarta Dr. Titik Sunarti Widyaningsih, M. Pd, dan Kepala Sekolah SMPN 2 Maros Dr. Jabaruddin, M. Pd.

Siniar ini akan membedah hal-hal menarik dan informatif seputar pelaksanaan PTM terbatas mulai dari bagaimana peranan pemerintah pusat dan daerah, praktik baik pelaksanaan PTM terbatas yang bisa menginspirasi, hingga strategi-strategi yang harus dipersiapkan agar peserta didik bisa menaati protokol kesehatan selama PTM terbatas berlangsung.

Banyak keseruan di dalam siniar Dialog Sobat SMP episode Pelaksanaan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19, antara optimisme dan realita tersaji di siniar ini. Melihat kondisi di lapangan dari berbagai sudut pandang, informasi-informasi bermanfaat dan opini menarik menghiasi dalam acara ini. Yuk tunggu apa lagi, langsung tonton di kanal YouTube Direktorat SMP!

 

Baca Juga  PPDB 2021: Menyimak Pelaksanaan PPDB Daring di Berbagai Daerah

Dialog Sobat SMP Episode 2: Pelaksanaan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19

Bagian 1: https://www.youtube.com/watch?v=GHghY-EhJVk&t=9s

Bagian 2: https://www.youtube.com/watch?v=Eh3gZ_aHBpo&t=1261s

Bagian 3: https://www.youtube.com/watch?v=ooFfM4Tc8bI&t=1011s

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Siniar Dialog Sobat SMP Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Tahun Ajaran Baru, 19 Juli 2021

Scroll to Top