SiManis: Platform Pemantauan Program Sekolah Penggerak Jenjang SMP

Guna memantau perkembangan program Sekolah Penggerak jenjang SMP di satuan pendidikan, Direktorat Sekolah Menengah Pertama melalui Bidang Tata Kelola membuat platform “SiManis” (Sistem Informasi, Monitoring, dan Analisis). Sesuai namanya, platform SiManis bertujuan untuk menghimpun data terkait perkembangan kegiatan Sekolah Penggerak di tingkat satuan pendidikan yang nantinya akan digunakan oleh para pemangku kepentingan untuk memantau dan menganalisis Program Sekolah Penggerak jenjang SMP. 

Melalui platform SiManis, sekolah dapat menyampaikan laporan mingguan terkait kegiatan 5 (lima) intervensi maupun bantuan yang diterima oleh Sekolah Penggerak. Tak hanya dapat menginput laporan, Sobat SMP juga dapat melihat summary maupun rekapitulasi kegiatan yang telah dilaporkan. 

Platform SiManis telah dirancang terintegrasi dengan situs resmi milik Direktorat SMP. Sobat SMP dapat mengakses platform SiManis dengan membuka situs https://ditsmp.kemdikbud.go.id/program-sekolah-penggerak/ pada peramban gawai masing-masing. Kemudian, Sobat SMP dapat memilih jenis kegiatan apa yang ingin dilaporkan. Nah, fitur apa saja yang terdapat pada platform SiManis? Simak penjelasan di bawah ini, ya. 

1. Laporan Mingguan

Seluruh SMP peserta Program Sekolah Penggerak diwajibkan untuk mengisi form laporan mingguan sebagai instrumen pemantauan. Untuk menginput laporan Sobat SMP wajib mengisi data sekolah terlebih dahulu. Selanjutnya Sobat SMP dapat menyampaikan kegiatan atau program apa saja yang telah dijalankan oleh sekolah terkait perencanaan berbasis data, penguatan SDM, pembelajaran paradigma baru, pendampingan konsultatif dan asimetris, serta digitalisasi sekolah. Pada menu laporan mingguan, Sobat SMP juga akan diminta mengisi sejumlah pertanyaan terkait pelaksanaan PTM terbatas di satuan pendidikan masing-masing.

2. Executive Summary 

Executive Summary adalah hasil rekap dari laporan yang disampaikan oleh Sekolah Penggerak. Pada menu ini, ditampilkan grafik Rekapitulasi Status Pelaporan Sekolah Penggerak terkait program perencanaan berbasis data, penguatan SDM, pembelajaran paradigma baru, pendampingan konsultatif dan asimetris, serta digitalisasi sekolah. Sobat SMP dapat melihat laporan-laporan kegiatan yang diurutkan dari rentang waktu paling baru.

3. Laporan Penerimaan Bantuan

Baca Juga  Modul IPS Kelas VII, Lengkap Dari Geografi Hingga Sejarah

Selain memantau perkembangan program sekolah penggerak terkait 5 (lima) intervensi khusus, SiManis juga menghimpun data terkait laporan penerimaan bantuan yang terdiri dari laporan terima buku, laporan bantuan TIK, dan laporan BOS Kinerja. Data yang disajikan berupa angka maupun diagram batang yang dapat diekspor dalam format CSV excel, CSV, maupun Google Spreadsheet. 

4. Rekapitulasi

Sebagai basis data acuan untuk melakukan monitoring dan evaluasi bagi para pemangku kepentingan, platform SiManis juga menyajikan rekapitulasi data dari laporan-laporan yang ada. Rekapitulasi yang dihadirkan pada platform ini antara lain rekapitulasi kegiatan perencanaan berbasis data,rekapitulasi penguatan SDM, rekapitulasi pembelajaran paradigma baru, rekapitulasi pendampingan konsultatif dan asimetris, rekapitulasi digitalisasi sekolah, serta rekapitulasi program sekolah penggerak. Masing-masing rekapitulasi juga memuat data yang berisi sub kegiatan dari setiap kegiatan sehingga menggambarkan perkembangan pelaksanaan Program Sekolah Penggerak di tingkat satuan pendidikan secara mendetail.

Platform SiManis telah dirilis dan disosialisasikan ke dinas pendidikan serta satuan pendidikan dalam kegiatan webinar khusus pada akhir Agustus 2021 silam, loh. Jadi, setelah mengetahui fungsi dan fitur-fitur pada platform SiManis, jangan lupa untuk melaporkan perkembangan kegiatan Sekolah Penggerak di satuan pendidikan Sobat SMP ya! 

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/program-sekolah-penggerak/

Scroll to Top