Siap-siap, FLS2N 2022 Jenjang SMP Akan Segera Dimulai!

Halo, Sobat SMP! Mungkin Sobat SMP sudah tidak asing dengan perhelatan lomba seni bagi siswa di seluruh Indonesia yang satu ini. Yap, Festival Lomba Seni Siswa Nasional atau yang lebih dikenal dengan nama FLS2N. Ajang FLS2N merupakan ajang kompetisi yang digelar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional dalam bidang seni yang diikuti oleh peserta didik jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan pendidikan khusus.

Tema yang diangkat untuk FLS2N di tahun 2022 ini adalah “Memuliakan Kearifan Lokal Menembus Dunia”. Tujuan dari digelarnya FLS2N adalah memberikan wadah apresiasi bagi peserta didik untuk mengekspresikan seni, mengembangkan kreativitas dan motivasi peserta didik sesuai dengan minat bakat, serta menanamkan dan meningkatkan apresiasi seni, khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.

Pelaksanaan FLS2N pada tahun ini secara umum melalui daring mengingat kondisi Indonesia yang masih belum terbebas dari pandemi Covid-19. Pengambilan karya pun juga harus tetap memerhatikan protokol kesehatan yang berlaku seperti tidak berkerumun dan sebagainya.

Untuk jenjang SMP, ada beberapa cabang lomba yang bisa diikuti oleh peserta didik. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut

  • Festival Kreativitas Tari (5 peserta)
  • Festival Musik Tradisional (5 peserta)
  • Lomba Gitar Duet (2 peserta)
  • Lomba Vokal Solo (1 peserta)
  • Lomba Desain Poster (1 peserta)

Mekanisme seleksi dari FLS2N ini terdiri dari beberapa tahapan seperti seleksi tingkat satuan pendidikan, seleksi tingkat kabupaten/kota, babak penyisihan seleksi tingkat nasional, dan juga babak final seleksi tingkat nasional. Pusat Prestasi Nasional akan menetapkan 20 terbaik nasional yang selanjutnya dari peringkat tersebut ditetapkan peraih 1 medali emas, 2 medali perak, 3 medali perunggu dan kategori khusus lainnya pada lomba. Selain itu, akan ditetapkan juga 10 Penyaji Terbaik dan kategori lainnya pada festival sesuai dengan kebutuhan masing-masing cabang lomba.

Sobat SMP bisa melihat lini waktu pelaksanaan FLS2N di bawah ini:

Melihat lini waktu tersebut, di bulan Juni ini sudah mulai memasuki tahapan pendaftaran daring yang di dalamnya terdiri dari registrasi peserta dan juga mengunggah karya lomba. Tenang saja, proses pendaftaran masih berlangsung hingga 1 Agustus mendatang.

Jadi, jangan sampai ketinggalan ya Sobat SMP untuk mengikuti rangkaian proses FLS2N ini. Untuk informasi selengkapnya kalian bisa membaca Panduan Teknis FLS2N Jenjang SD-SMP atau dengan mengunjungi langsung situs Pusat Prestasi Nasional. Pantau terus situs resmi dan juga media sosial Direktorat SMP agar tidak ketinggalan informasi-informasi selanjutnya. Semoga bermanfaat!

 

Baca Juga  Mahir Berbahasa Inggris dengan Modul Pembelajaran SMP Terbuka

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Sumber:

https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/uploads/lampiran/Panduan%20Teknis%20FLS2N%202022_compressed.pdf 

Scroll to Top