Siap Sambut Tahun Ajaran Baru, Siniar Dialog Sobat SMP Bahas MPLS

Halo, Sobat SMP! Tahun ajaran baru 2022/2023 tak lama lagi akan dimulai. Tentunya saat memasuki tahun ajaran baru juga akan ada penambahan peserta didik baru. Para peserta didik baru ini akan menjalani kegiatan MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. 

Untuk menyambut MPLS yang akan datang, Direktorat Sekolah Menengah Pertama kembali menyelenggarakan siniar (podcast) bertajuk “MPLS, Siapa Takut!”. Narasumber yang dihadirkan pada episode kali ini adalah Direktur Sekolah Menengah Pertama Drs. Mulyatsyah, M.M. dan dipandu oleh host Fika Salsabilla Ramadhani.

MPLS diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. Dalam Permendikbud tersebut, dijelaskan bahwa pengenalan lingkungan sekolah adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur Sekolah.

Secara sederhana MPLS adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan dalam rangka memperkenalkan para siswa baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah. Sebelum ada MPLS, kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dikenal dengan berbagai nama seperti Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB).

Mulyatsyah mengatakan bahwa kunci dari MPLS adalah memberikan pengenalan terhadap lingkungan dan situasi satuan pendidikan dengan cara-cara menyenangkan, tanpa adanya perpeloncoan. 

“Kunci di dalam masa pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru ini adalah bagaimana anak-anak memahami lingkungan situasi yang baru dengan suasana hati yang menyenangkan, dengan narasi-narasi kegiatan yang dibuat dalam bentuk kreativitas sehingga anak-anak kita yang baru memasuki tahap awal pada lingkungan sekolah yang baru itu merasa nyaman dan menyenangkan,” ujar beliau.

Mulyatsyah mengingatkan bahwa guru-guru harus bisa lebih dominan dalam MPLS ketimbang para siswa senior sesuai dengan ketentuan yang ada. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya senioritas atau perpeloncoan pada saat MPLS berlangsung.

“Jadi sesungguhnya MPLS itu pelaksana utamanya adalah sekolah yang berada di bawah tanggung jawab kepala sekolah. Dan siapa yang melaksanakan? Itu adalah guru-guru dibantu oleh teman-teman pengurus OSIS untuk membantu memberikan pengenalan-pengenalan dari sisi lingkungan sekolah, lingkungan kegiatan, dan sebagainya,” tegas Mulyatsyah.

Dalam siniar ini juga dibahas tentang ketentuan penyelenggaraan MPLS oleh satuan pendidikan seperti ketentuan umum, ketentuan khusus, dan juga larangan. Hal ini diatur agar pelaksanaan MPLS dapat berjalan dengan baik dan lancar agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Informasi selengkapnya mengenai pembahasan seputar MPLS dapat ditonton langsung pada siniar Dialog Sobat SMP: MPLS Siapa Takut! di kanal YouTube Direktorat SMP atau dengan mengklik tautan di bawah ini. Jangan lupa juga subscribe agar bisa mendapatkan informasi-informasi seputar dunia pendidikan. Semoga bermanfaat!

 

Baca Juga  Dukung Asesmen Nasional 2021, Direktorat SMP Selenggarakan Bimbingan Teknis Proktor

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=XNrbbm0muhs&t=151s 

Scroll to Top