Siap Menjadi Jurnalis Milenial dengan Buku Ekstrakurikuler Direktorat SMP

Halo Sobat SMP! Apakah ada dari kalian yang pernah membaca berita di koran, menonton siaran liputan di televisi, atau membaca artikel di internet? Jika pernah maka berarti kalian telah mengenal sedikit dari produk jurnalistik. Nah, pertanyaannya apakah Sobat SMP tertarik pada jurnalistik?

Sebelum melangkah lebih jauh, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu jurnalistik. Jurnalistik adalah kegiatan mengumpulkan informasi tentang sebuah peristiwa nyata dan merekamnya dalam bentuk tulisan, suara, gambar, maupun video untuk disiarkan kepada orang banyak. 

Untuk pelaku kegiatan jurnalistik disebut dengan jurnalis. Seorang jurnalis melakukan berbagai kegiatan jurnalistik, misalnya menulis berita, meliput kejadian penting, serta menyebarkan informasi tersebut kepada khalayak ramai. Beberapa jurnalis yang terkenal di Indonesia adalah Tirto Adhi Soerjo, Karni Ilyas, dan Najwa Shihab.

Kembali ke pertanyaan di awal, jadi apakah Sobat SMP tertarik pada jurnalistik? Apabila tertarik, ada kabar baik untuk Sobat SMP di seluruh Indonesia! Di tahun 2021 ini, Direktorat Sekolah Menengah Pertama melalui Bidang Peserta Didik menerbitkan NPK (Norma, Prosedur, Kriteria) mengenai jurnalistik dalam bentuk buku yang berjudul Menjadi Jurnalis Milenial.

Menjadi Jurnalis Milenial adalah sebuah NPK yang diterbitkan oleh Direktorat SMP untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta didik seputar hal jurnalistik. Selain itu, buku Menjadi Jurnalis Milenial juga bisa menjadi referensi tambahan bagi satuan pendidikan yang ingin membentuk kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik.

Terdiri dari empat bab, buku ini akan membedah segala hal yang berkaitan dengan jurnalistik. Pada bab pertama, buku ini memulai pendahuluan mengenai jurnalistik secara umum mulai dari pengertian jurnalistik, sejarahnya, hingga manfaat dari jurnalistik itu sendiri.

Selanjutnya, pada bab kedua pembahasan berlanjut kepada dasar-dasar jurnalistik, yakni menulis. Bab kedua mengupas secara tuntas mengenai cara melakukan wawancara, menulis berita, hingga ke proses penyuntingan sebuah tulisan agar layak untuk diterbitkan.

Bab ketiga memiliki judul Membuat Terbitan Jurnalistik di Sekolah. Dari judul babnya kita sudah dapat memahami bahwa pembahasan pada bab ini berfokus pada kegiatan jurnalistik di lingkungan sekolah. Umumnya produk jurnalistik di sekolah akan di muat di majalah dinding (mading). Namun, di era milenial ini bukan hal yang tidak mungkin apabila majalah dinding sekolah beralih ke dunia digital.

Terakhir, pada bab keempat dibahas mengenai produk jurnalistik yang menghibur. Produk jurnalistik tidak selalu serius, bisa juga disampaikan melalui hal-hal yang menarik seperti anekdot, karikatur, dan juga kartun satire.

Wah menarik sekali bukan isi buku tersebut? Dengan buku ini Sobat SMP sudah siap untuk menjadi jurnalis milenial. Nah daripada berlama-lama lagi, ayo segera unduh buku Menjadi Jurnalis Milenial terbitan Direktorat SMP. Sobat SMP dapat mengunduh buku ini di situs resmi direktorat SMP secara gratis! Tunggu apa lagi, yuk langsung saja unduh dengan mengklik tautan berikut ini.

Menjadi Jurnalis Milenial

Baca Juga  Yuk Ketahui Tahapan PPDB Tahun 2022!

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi:

Buku Menjadi Jurnalis Milenial terbitan Direktorat SMP tahun 2021

Scroll to Top