Sekolah RI di Tokyo dan SMPN 1 Magetan Bangun Kerja Sama ‘Sisters School’

Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) dan SMP Negeri 1 Magetan sepakat bekerja sama dalam program pertukaran internasional berdasarkan prinsip timbal balik. Acara penandatanganan kesepakatan dilakukan kedua kepala sekolah secara daring pada Kamis (27/1) dan merupakan bagian dari rangkaian acara Gebyar Literasi 2022 bersama Duta Baca Indonesia yang diselenggarakan oleh SMP Negeri 1 Magetan. Kesepakatan pertukaran akademik tersebut mencakup pertukaran guru, siswa, media, dan informasi dan kerja sama lainnya yang disetujui kedua belah pihak.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Kedutaan Besar Republik Indonesi di Tokyo, Yusli Wardiatno, menuturkan kedua pihak bersepakat membentuk afiliasi saudara untuk memajukan kerja sama akademis dan memperkuat ikatan budaya kedua negara. “Kedua lembaga selanjutnya setuju untuk mengembangkan hubungan antar budaya dan pendidikan sebagai sisters-school,” terang Yusli, Kamis (27/1).

Atdikbud Yusli, dalam sambutan singkatnya juga menyebut bahwa kerja sama dengan sekolah Indonesia dapat menguatkan peluang pengembangan kerja sama budaya dengan masyarakat Jepang.

Baca Juga  Satu-satunya dari Kota Magelang, SMPN 1 Raih Piala Adiwiyata Mandiri

“KBRI Tokyo sangat menghargai kerja sama ini dan mendorong ada program konkret antarkedua sekolah. Mitra SRIT diharapkan dapat menguatkan program pengenalaan budaya dan Bahasa Indonesia di negeri Sakura. Generasi muda Magetan juga bisa belajar budaya Jepang melalui siswa-siswi SRIT nantinya,” harap Yusli.

Bupati Magetan Suprawoto yang hadir menyaksikan kesepakatan menyampaikan dukungannya terhadap implementasi kerja sama. “Saya sangat mendukung kerja sama ini dan berharap ada banyak hal yang dapat menjadi sumber pembelajaran bagi siswa Magetan dalam implementasi yang dilaksanakan ke depannya,” ucap Bupati Suprawoto yang juga berterima kasih atas dukungan KBRI Tokyo yang telah memfasilitasi kerja sama.

 

Referensi: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/01/sekolah-ri-di-tokyo-dan-smpn-1-magetan-bangun-kerja-sama-sisters-school

Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 36/sipers/A6/I/2022

Scroll to Top