Segera Selesaikan Transaksi Gantung Jenjang SMP pada Aplikasi SIPLah

Halo, Sobat SMP! Sejak Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah) diluncurkan secara resmi, telah banyak transaksi pembelian yang terjadi di dalamnya. Terdapat pula transaksi-transaksi yang menggantung. Transaksi gantung adalah transaksi yang belum selesai.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan satuan pendidikan memiliki transaksi gantung yaitu satuan pendidikan memiliki pemesanan berganda, belum menyelesaikan tagihan hingga selesai, atau belum menyelesaikan tahapan transaksi hingga selesai. Apabila satuan pendidikan mengalami salah satu dari kondisi di atas, maka satuan pendidikan tersebut dikategorikan memiliki transaksi gantung.

Untuk mendorong penyelesaian transaksi gantung yang ada di SIPLah, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengeluarkan Surat Edaran Sekjen Kemdikbudristek No. 17 Tahun tahun 2022 lalu tentang Penyelesaian Transaksi Gantung pada Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah).

Sejalan dengan Surat Edaran tersebut, Direktorat SMP menginformasikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota tentang percepatan penyelesaian transaksi gantung pada SIPLah di satuan pendidikan jenjang SMP dengan memastikan status transaksi gantung pada satuan pendidikan di wilayahnya dan untuk selanjutnya melakukan verifikasi pembaharuan serta menyelesaikan status transaksi gantung dengan memperbaharui data pendukungnya melalui tautan yang ada di surat undangan kegiatan Pendampingan Transaksi Gantung jenjang SMP.

Pembaharuan data status transaksi gantung tersebut sangat penting karena akan berpotensi mempengaruhi penyaluran bantuan sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan selanjutnya. Pembaharuan data ini diharapkan dapat dilakukan sebelum tanggal 15 Juni 2023. Untuk melihat status transaksi gantung jenjang SMP Sobat SMP dapat mengakses tautan berikut.

Baca Juga  Direktorat SMP Persiapkan Trainer Untuk Sekolah Penerima Bantuan TIK

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top