Sang Juara: Selamat Kepada Para Pemenang Lomba KSN Tingkat Nasional 2021 Jenjang SMP!

Halo, Sobat SMP! Perhelatan lomba sains terbesar di Indonesia, yakni Kompetisi Sains Nasional Tahun 2021 untuk jenjang SMP telah berakhir. Perlombaan yang disingkat dengan KSN ini kembali melahirkan para juara baru yang berasal dari berbagai satuan pendidikan di Indonesia.

KSN diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia melalui Pusat Prestasi Nasional. Agenda ini dilakukan secara rutin tiap tahunnya guna mendorong semangat dan daya juang peserta terkait sains. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran. 

Di tahun 2021 ini, tema yang diangkat adalah “Aku Sehat, Aku Hebat, Indonesia Kuat”. KSN pada tahun ini diselenggarakan secara daring mengingat kondisi Indonesia yang masih dalam masa pandemi Covid-19.

Terdapat beberapa bidang yang diperlombakan dalam KSN. Bidang-bidang tersebut seperti Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Matematika, dan juga Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). 

Kegiatan penilaian dan penetapan pemenang dilaksanakan oleh para dewan juri dan diserahkan kepada panitia pusat untuk ditetapkan oleh Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek.

Para pemenang KSN telah disahkan dan ditetapkan secara resmi melalui Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor: 2826/J3/Dm.01.03/2021.

Di dalam surat keputusan, masing-masing bidang lomba memiliki 100 orang juara dengan komposisi 15 peraih medali emas, 20 peraih medali perak, 25 peraih medali perunggu, dan 40 peraih medali Honorable Mention (IPA) atau medali harapan (IPS dan Matematika).

Para juara lomba KSN Tingkat Nasional Jenjang SMP Tahun 2021 dapat dilihat di situs resmi Pusat Prestasi Nasional atau dengan mengklik tautan berikut ini JUARA KSN TINGKAT NASIONAL JENJANG SMP TAHUN 2021.

Selamat kepada para juara lomba KSN Nasional jenjang SMP tahun 2021! Semoga para juara dapat mempertahankan prestasi dan memanfaatkan ilmunya untuk membangun bangsa Indonesia di masa mendatang.

 

Baca Juga  Mengapa Tanggal 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan?

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top