Sambut HUT RI ke-76, Kemendikbudristek Selenggarakan Lomba “Rayakan Merdekamu”

Tak lama lagi Indonesia akan merayakan hari ulang tahunnya yang ke-76. Dalam semarak momen kemerdekaan kali ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan lomba bertajuk Rayakan Merdekamu.

“Satu bulan lagi, Indonesia akan berusia 76 tahun. Begitu banyak tantangan yang telah dan sedang kita hadapi bersama, termasuk pandemi saat ini. Sekarang adalah momen terbaik bagi kita untuk memperkuat kebersamaan sebagai bangsa yang kuat karena bineka,” ujar Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim.

Guna memperkuat kebersamaan dan keberagaman, Mas Menteri mengajak para pelajar, mahasiswa, pendidik dan tenaga kependidikan, pelaku seni dan budaya, serta para awak media di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam lomba Rayakan Merdekamu.

Rayakan Merdekamu adalah sebuah perlombaan yang mengusung tema “Keberagaman Bangsa Adalah Kekuatan Indonesia”. Tujuan dari diselenggarakannya acara ini adalah untuk menyebarluaskan potret keberagaman bangsa dan menggugah semangat toleransi melalui kegiatan kompetisi berskala nasional. Hal ini dilakukan untuk mengisi ruang -ruang perayaan hari kemerdekaan yang kosong akibat pandemi COVID-19.

Selain menarik atensi masyarakat mengenai keberagaman, Rayakan Merdekamu juga bertujuan guna mempublikasikan kompetisi melalui beragam media melalui kolaborasi dengan Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM), Direktorat Jenderal Kebudayaan dan unit -unit utama lainnya, termasuk Direktorat SMP.

Nah, di sini Sobat SMP bisa ikut berpartisipasi dalam perlombaan Rayakan Merdekamu. Untuk mengikuti lomba pada jenjang SMP sederajat, kalian diharuskan mengenakan busana adat atau busana dengan nuansa tradisional sambil merekam video karya kreatif bertema kebinekaan. 

Karya yang dapat kalian ikut sertakan dalam perlombaan Rayakan Merdekamu bisa seperti berikut ini:

  • menyanyikan lagu
  • membacakan puisi
  • menarikan tarian
  • bercerita
  • berpantun
  • bentuk ekspresi lainnya
Baca Juga  Pidato Mendikbud Pada Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020

Sobat SMP bisa mengunjungi laman rayakanmerdekamu.kemdikbud.go.id agar bisa mengetahui detail informasi perlombaan melalui buku pedoman yang telah disediakan. 

Setelah itu, unggahlah karya yang telah dibuat pada media sesuai dengan syarat dan ketentuan yang tercantum pada buku pedoman. Jangan lupa juga untuk mengisi formulir pendaftaran, melengkapi kelengkapan administrasi, dan menyertakan tautan karya. Proses pendaftaran dan pengumpulan karya dimulai dari 18 Juli hingga 9 Agustus 2021.

Panitia akan mengkurasi karya-karya Sobat SMP menjadi 10 besar. Peserta yang lolos ke tahap 10 besar mengunggah video asli hasil karya serta surat pernyataan orisinalitas melalui tautan yang akan diinformasikan selanjutnya. Tahap penilaian karya berlangsung pada 10-16 Agustus 2021.

Nantinya, karya-karya akan dipromosikan pada 17 hingga 31 Agustus 2021. Pemenang lomba diumumkan pada 25 Agustus bersamaan dengan pementasan puncak acara. Para pemenang lomba berhak mendapatkan hadiah dari panitia.

Ada pun tiga hadiah utama untuk juara 1, 2, dan 3:

  • Juara 1 : Laptop senilai 20 Juta Rupiah
  • Juara 2: Tablet senilai 15 Juta Rupiah
  • Juara 3: Ponsel Pintar senilai 10 Juta Rupiah

Wow! Hadiah yang cukup fantastis bukan, Sobat SMP? Yuk tunggu apa lagi, tunjukkan kreativitasmu dan ikuti lomba Rayakan Merdekamu. Kami tunggu karya-karya kalian ya! Informasi lebih lengkap dapat membuka https://rayakanmerdekamu.kemdikbud.go.id/.

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top