Renang, Olahraga yang Sudah Dikenal Sejak Zaman Prasejarah

Halo, Sobat SMP! Tentu kalian sudah tidak asing dengan olahraga air yang satu ini. Yap, renang. Renang merupakan olahraga air yang dilakukan dengan menggerakkan badan di dalam air. Umumnya anggota badan yang digunakan dalam renang adalah tangan dan kaki untuk menjaga tubuh agar tetap mengapung di atas permukaan air.

Meski saat ini renang menjadi salah satu olahraga air yang populer, namun ternyata renang sudah dikenal sejak masa prasejarah. Hal ini diketahui dari penemuan berbagai gua di daerah barat daya Mesir, di sekitar Wadi Sora. Gua-gua tersebut diyakini sebagai tempat tempat perenang manusia zaman batu.

Selain itu, terdapat juga penemuan stempel lilin yang yang ditemukan di Mesir. Stempel lilin ini diperkirakan sudah ada sejak 4000-9000 tahun sebelum masehi. Di dalam stempel, digambarkan empat orang yang sedang berenang menggunakan gaya bebas. 

Di Babylonia, aktivitas renang diketahui sudah ada sejak dahulu lewat lukisan yang berumur 4000 tahun sebelum masehi. Lukisan tersebut adalah lukisan paling terkenal yang ditemukan di padang pasir Kebir. Dalam lukisan tersebut terdapat seseorang yang berenang dengan gaya dada.

Di Jepang sendiri, teknik renang menjadi salah satu kemampuan yang wajib dikuasai oleh para samurai saat itu. Dalam catatan sejarah, pertandingan pertama kali dalam renang diselenggarakan pada tahun 36 SM oleh Kaisar Suigui. 

Serupa dengan era samurai di Jepang, para ksatria di Abad Pertengahan juga wajib menguasai teknik renang. Hal ini bertujuan agar para ksatria mampu membawa senjata ketika berada di perairan, dan mampu mempertahankan diri dalam air agar tidak tenggelam.

Seiring berjalannya waktu, renang kemudian menjadi olahraga modern. Seorang profesor asal Jerman, Nicolas Wynman menulis sebuah catatan bahwa olahraga renang modern pertama kali lahir pada tahun 1538. Lalu, di tahun 1800 kolam renang pertama diciptakan di Jerman dan Australia. Awalnya tujuan diciptakannya kolam renang adalah untuk area latihan militer.

Di tahun yang sama, pertandingan renang dilakukan pertama kali, sekaligus memperebutkan juara dunia. Sebagian besar para peserta menggunakan gaya dada dalam pertandingan tersebut. Olahraga renang pun semakin berkembang. Akhirnya terciptalah bentuk dan teknik gaya renang yang berbeda-beda. Salah satunya adalah gaya renang bebas, yang pertama kali dikenalkan oleh Arthur Trugen pada tahun 1873.

Pada era modern ini, renang tidak hanya menjadi olahraga air yang menarik dan menyenangkan untuk dilakukan. Tetapi, renang seharusnya juga menjadi kemampuan dasar bertahan hidup. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Sobat SMP mempelajari olahraga ini, bahkan menguasainya. 

Nah untuk mendukung Sobat SMP mempelajari olahraga renang, Direktorat SMP mengeluarkan modul pembelajaran SMP Terbuka Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Salah satu modulnya membahas mengenai olahraga renang. Di dalamnya terdapat teknik-teknik renang yang bisa dipelajari oleh Sobat SMP di mana pun berada. Jadi tunggu apa lagi, yuk unduh modul SMP Terbuka PJOK secara gratis di situs resmi Direktorat SMP!

 

Baca Juga  Menyasar Daerah Afirmasi, Direktorat SMP Gelar Pendampingan Bagi LPMP dan Dinas Pendidikan

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Modul SMP Terbuka PJOK Kelas VII Terbitan Direktorat SMP Tahun 2020

Scroll to Top