Program Strategis Bidang Penilaian Direktorat SMP Tahun 2021

Dilihat 19,104 pengunjung

Dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi Direktorat SMP yang mendukung Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) maupun Renstra Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUDDASMEN), Bidang Penilaian Direktorat SMP menyusun sejumlah program strategis yang akan dilaksanakan pada tahun 2021.

Pada kegiatan Rapat Koordinasi, Sosialisasi Program Direktorat SMP, dan Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, pada Senin (5/4), Ibu Dra. Ninik Purwaning Setyorini, M.A, Koordinator Bidang Penilaian Direktorat SMP, menyampaikan 3 (tiga) program strategis Bidang Penilaian yang akan dijalankan tahun ini.

Program pertama yaitu Pembinaan Kinerja Sekolah dalam rangka penjaminan mutu pendidikan. Menurut Ninik, bila dibandingkan dengan tahun lalu, akan terdapat perbedaan konsep yang digunakan untuk mengukur mutu pendidikan nasional.

Dra. Ninik Purwaning Setyorini, M.A, Koordinator Bidang Penilaian Direktorat SMP memaparkan program strategis Bidang Penilaian Direktorat SMP pada acara Rapat Koordinasi, Sosialisasi Program Direktorat SMP, dan Persiapan Pembelajaran Tatap Muka (5/4).

“Untuk kedepannya, konsep penjaminan mutu akan dimulai dari hasil asesmen nasional, dimana nantinya setiap daerah akan menerima rapor pendidikan daerah dan rapor pendidikan sekolah. Dari rapor tersebut nantinya akan coba dianalisis permasalahan yang ada, apa yang harus dilakukan oleh daerah, dan apa yang harus dilakukan oleh satuan pendidikan,” ungkap Ninik.

Untuk itu, Bidang Penilaian Direktorat SMP tengah menyusun Pedoman Peningkatan Kinerja Pendidikan yang nantinya akan disosialisasikan ke berbagai daerah. Direktorat SMP melalui Bidang Penilaian, selanjutnya akan melakukan pendampingan dalam memanfaatkan/ menganalisis profil dan rapor pendidikan, serta membuat rencana program tindak lanjut dari hasil analisis tersebut.

Program strategis kedua yaitu Program Asesmen Nasional, yang salah satu tujuannya adalah untuk mengukur kemampuan/ kompetensi literasi dan numerasi. Bidang Penilaian Direktorat SMP telah menyiapkan sejumlah agenda kegiatan terkait penguatan kompetensi literasi dan numerasi tersebut, yang pada akhirnya diharapkan dapat mendukung pelaksanaan program Asesmen Nasional. Saat ini, tengah disusun dokumen inspirasi pelaksanaan pembelajaran untuk menguatkan literasi dan numerasi, yang nantinya akan disosialisasikan ke tingkat daerah.

Bukan hanya itu, Bidang Penilaian juga mencanangkan agenda pelatihan proktor Asesmen Nasional bagi satuan pendidikan; pendampingan pelaksanaan pembelajaran untuk menguatkan kompetensi literasi dan numerasi pada Sekolah Penggerak; pelaksanaan workshop extensive reading dan intensive reading bagi guru di Sekolah Penggerak; serta melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Asesmen Nasional tahun 2021.

Program strategis ketiga dari Bidang Penilaian Direktorat SMP yaitu Program Penguatan Implementasi Kurikulum. Menurut Ninik program ini masih perlu dilakukan mengingat masih terdapat kelemahan dalam implementasi kurikulum di berbagai daerah.

“Ada beberapa sekolah yang masih mengalami kesenjangan kualitas implementasi kurikulum, sehingga kami memandang perlu untuk menguatkan kembali, terlebih dalam menjawab tantangan pendidikan ke depan,” jelas Ninik.

Untuk menjalankan program strategis tersebut, Bidang Penilaian Direktorat SMP telah menyiapkan sejumlah kegiatan di tahun ini, antara lain seperti menyusun dokumen inspirasi penguatan pembelajaran melalui Kokurikuler; membuat materi videografis bentuk penilaian formatif; sosialisasi pelaksanaan pembelajaran paradigma baru; pendampingan pelaksanaan kurikulum yang berlaku; supervisi, monitoring, dan evaluasi pelaksanaan kurikulum yang berlaku; memperbarui aplikasi e-Rapor SMP; pengadaan blangko ijazah SMP tahun ajaran 2020/2021; serta monitoring dan evaluasi pemanfaatan aplikasi supervisi. 

 

Baca Juga  Informasi Program: Pembinaan Ekstrakurikuler

Referensi: 

  1. Liputan kegiatan “Rapat Koordinasi, Sosialisasi Program Direktorat SMP, dan Persiapan Pembelajaran Tatap Muka”. 
  2. Bahan paparan Program Strategis Bidang Penilaian Tahun 2021.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top