HARI KELAHIRAN PANCASILA 2022: BANGKIT BERSAMA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA

BERITA
Kamis, 02 Juni 2022 Oleh Admin Peserta Didik SMP
Dilihat: 242 pengunjung

Halo, Sobat Pesdik! Kemarin, 1 Juni 2022 Hari Lahir Pancasila disambut hangat oleh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Ende, Nusa Tenggara Timur. Karena tahun ini merupakan kali pertama dan sejarah baru di laksanakannya upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di pusatkan di Lapangan Pancasila Ende, Kota Ende, Nusa Tenggara Timur. Sebelumnya upacara kenegaraan ini selalu dilaksanakan di Ibu Kota yaitu di gedung Pancasila Jakarta.

Pelaksanaan upacara Hari Kelahiran Pancasila telah berjalan lancar dengan hikmat secara hybrid (luring dan daring). Dengan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara dan juga pemberian amanat. Peringatan ini turut di hadiri oleh tamu undangan kenegaraan lho Sobat Pesdik, seperti Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Frederick, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, para Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Kepala BPIP Yudian Wahyudi, serta Bupati Ende Djafar Achmad.

Kota Ende ditetapkan sebagai pusat pelaksanaan pada tahun ini karena merupakan tempat bersejarah bagi Indonesia dalam menemukan dasar Negara. Saat itu di bumi timur ini dalam masa pengasingannya selama 4 tahun Bung Karno merenung dan menggali nilai-nilai luhur yang dapat mempersatukan bangsa Indonesia yang majemuk.

“Untuk masyarakat dan seluruh anak bangsa Indonesia di harapkan di manapun berada dapat bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nila-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara serta pada sistem tata kelola pemerintahan. Karena Pancasila telah menjadi bintang penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian” dalam amanatnya Presiden Joko Widodo menyampaikan.

Hal ini sesuai dengan tema Hari Kelahiran Pancasila tahun 2022 yaitu Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia. Yuk, kita wujudkan ini dengan membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila yang nyata dalam kehidupan sehari-sehari.